Apa Itu Backlink, Jenis dan Fungsinya

Bagi Anda pemilik sebuah Website atau baru saja membuat website, perlu rasanya memiliki Backlink yang berkualitas agar dapat mendatangkan trafik organik. Dalam mengoptimasi website dalam mesin pencarian (Search engine Optimation atau SEO), terdapat dua jenis backlink yang kita kenal sebagai Outbound link dan Inbound link. Dalam aritkel ini akan dibahas mengenai apa itu backlink, jenis dan fungsinya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Apa Itu Backlink

Backlink merupakan link yang telah dipasang pada sebuah situs dan mengarah ke halaman blog atau website Anda. Terdapat proses timbal balik antara pemberi dan penerima backlink. Jika Anda membuat link yang mengarah ke website lain, maka Anda disebut pemberi backlink. Dan sebaliknya, jika ada website yang memiliki link mengarah ke halaman website Anda, maka Anda merupakan penerima backlink.

Mesin pencari seperti Google selalu melakukan crawling halaman website dengan kata kunci tertentu. Dengan bantuan backlink, sebuah mesin pencari seperti Google akan lebih mudah menemukan website Anda. Google juga akan merekomendasikan website Anda kepada orang yang sedang mencari informasi berkaitan dengan kata kunci yang sedang dicarinya. Hal ini disebabkan karena Google dapat menemukan link ke website Anda dari website lain. Setelahnya website Anda akan di indeks dan muncul di hasil  pencarian yang relevan dengan kata kunci tertentu.

Lihat Juga : Apa itu Content Delivery Network (CDN)?

Apa saja jenis- jenis Backlink?

Mesin pencari Google dapat menentukan apakah backlink suatu website relevan dengan topik terkait dengan melihat jenis backlink yang ada pada website tersebut.  Terdapat dua jenis backlink yang menentukan kualitas backlink Anda, yaitu:

Dofollow Backlink

Jenis backlink ini adalah dambaan semua pemilik website. Karena backlink ini mengirim sinyal ke Google untuk mengindeks link tujuan. Sehingga website yang dituju makin “terlihat” dan rankingnya bisa jadi meningkat.

Nofollow Backlink

Sedangkan nofollow backlink adalah atribut di HTML rel=nofollow yang memberikan kode ke mesin pencari untuk tidak mengikuti link yang dicatut. Biasanya, nofollow backlink digunakan saat tidak ingin memberikan backlink secara cuma-cuma dan untuk menghindari spam backlink.

Lihat Juga : Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Apa Fungsi Backlink

Berikut ini akan dijelaskan fungsi dari backlink pada sebuah website.

Backlink dapat meningkatkan kepercayaan Mesin Pencari.

Backlink juga mempengaruhi kualitas website Anda.  Semakin berkualitas backlink yang diberikan kepada Website Anda, maka semakin meningkatnya kepercayaan yang diberikan Google untuk merekomendasikan website Anda kepada seseorang yang sedang mencari informasi dengan kata kunci yang diketik di mesin pencari Google. Hal sebaliknya akan terjadi jika backlink yang mengarah ke website Anda berasal dari Website yang memiliki track record sebagai spamer. Akibatnya, Website Anda akan mengalami kesulitan untuk direkomendasikan oleh mesin pencari Google dan berada di halaman pertama (Page one) Mesin pencari. Untuk dapat melihat back link yang diberikan ke Website Anda, Silahkan coba menggunakan tools pelacak backlink (Backlink Checker)

Lihat Juga : Cara Membuat Daftar Isi di Blog WordPress Secara Otomatis

Backlink dapat meningkatkan trafik kunjungan

Sebelumnya telah sebutkan bahwa backlink dapat membantu sebuah website agar dapat lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Tujuannya adalah agar website dapat muncul di hasil pencarian dengan kata kunci tertentu yang sedang di cari oelh pengguna. Semakin banyak backlink berkualitas yang didapatkan, semakin bagus juga penilaian Google terhadap website Anda. Kemudian halaman website Anda bisa mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian.

Selain trafik yang Anda dapatkan dari hasil pencarian Google, backlink juga mendatangkan trafik dari link yang ditanam di website pemberi backlink. Apalagi jika website pemberi backlink tersebut sudah memiliki reputasi bagus di Google dan mendapatkan banyak trafik. Trafik yang didapatkan dari website pemberi backlink tersebut juga akan mengarah ke website Anda.

Penutup

Demikian informasi yang berkaitan dengan apa itu backlink serta jenis dan fungsinya. Semoga dapat membantu memberikan pemahaman kepada Anda mengenai backlink.

(Sumber Bacaan)

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *