Apa itu Cloudflare dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Cloudflare dan bagaimana cara kerjanya? Pada artikel ini, pertanyaan Anda mengenai Apa itu Cloudflare dan Cara kerjanya akan dibahas secara detail. Selamat membaca.

Apa itu Cloudflare?

CloudFlare adalah penyedia layanan content delivery network (CDN) atau jaringan pengiriman konten yang bertindak sebagai proxy antara website dan visitor. Melayani cache konten statis dari lokasi terdekat dengan visitor (pengunjung) Website. Hal ini karena Cloudflare telah memiliki banyak server yang tersebar di beberapa negara. Dengan bantuan cloudflare, loading sebuah website lebih cepat di akses oleh pengguna. Secara Sederhana, Cloudflare bertindak sebagai perantara antara pengunjung dan server website. Tujuannya adalah agar website dapat terhindar dari serangan attackers yang berbahaya dari pengunjung website yang tak bertanggung jawab. Dengan menggunakan layanan CloudFlare, website Anda dijamin aman dari berbagai serangan maupun aktivitas yang dapat merusak performa Anda.

cloudflare 1

(sumber Gambar : cloudflare.com)

Lihat Juga : Apa itu Content Delivery Network (CDN)?

Apa Fasilitas yang didapat dari CloudFlare?

Berikut adalah beberapa fasilitas yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan CloudFlare.

  • Dapat mengamankan dan mencegah website dari serangan DDoS.
  • Memiliki data Analytics untuk semua request yang mengakses ke website Anda.
  • Instalasi sertifikat SSL yang lebih mudah.
  • Memiliki Network gateway antara protocol.

Apa Kegunaan CloudFlare?

Ketika CloudFlare diaktifkan pada website Anda, nameserver akan secara otomatis mengikuti nameserver dari CloudFlare. Sebagai contoh, ketika Anda telah mendaftarkan Website Anda ke Cloudflare, Nameserver bawaan akan berubah menjadi Nameserver yang disediakan oleh loudflare. Tujuannya adalah untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan website Anda. Hal ini akan memungkinkan seluruh aktivitas ke dalam website akan tersaring dan dapat diakses lebih cepat karena semua lalu lintas melalui CloudFlare terlebih dahulu.

Lihat Juga : Top Level Domain (TLD) : Apa Saja Jenisnya?

Apa Kelebihan menggunakan CloudFlare?

Bukan tidak beralasan mengapa Penulis menggunakan cloudflare sebagau content delivery network (CDN) website ini. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari CloudFlare.

Mengarahkan visitor pada koneksi paling cepat.

CloudFlare akan mengarahkan visitor pada data center terdekat, sehingga website dapat diakses dua kali lebih cepat jika dibandingkan tanpa menggunakan CloudFlare.

Mengawasi lalu lintas berbahaya pada website dan Cache Konten Statis

CloudFlare akan menerima permintaan akses dan menganalisa apakah pengunjung tersebut berbahaya atau tidak. Hal ini dilihat dari IP, resource yang diakses, dan seberapa sering melakukan akses tersebut ke situs Anda. Apabila terlihat seperti sebuah ancaman, CloudFlare akan memblokirnya. CloudFlare juga berfungsi sebagai cache konten statis untuk website, misalnya gambar, JavaScript, CSS, dan lain-lain.

Mengapa Website Anda perlu memakai Content Delivery Network?

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, CloudFlare yang merupakan CDN berperan sebagai perantara yang dapat mempersingkat waktu akses. Berikut adalah alasan mengapa Anda perlu menggunakan CloudFlare yaitu :

Dapat Meningkatkan kinerja website. 

CloudFlare memiliki server proxy yang telah tersebar di beberapa negara sehingga dapat mengarahkan pengunjung ke server terdekat. Hal inilah yang membuat kecepatan loading halaman (landing page) website meningkat.

Optimasi website pada perangkat mobile.

Teknologi Rocket Loader dan AutoMinify menjadikan website Anda dapat diakses lebih cepat dan efisien melalui berbagai perangkat.

Mampu melindungi Website dari bot, Komentar Spam dan ancaman lainnya.

CloudFlare menggunakan data dari pengguna serta pihak ketiga untuk mengidentifikasi apakah trafik ke website merupakan ancaman atau bukan, dan akan berusaha menghentikannya. Anda dapat melihat laporannya pada dashboard CloudFlare. Berikut Ini Dashboard Cloudflare dari website ini.

cloudflare Sebuah Tutorial

Memberikan peringatan pada pengunjung jika komputer terinfeksi virus. 

CloudFlare dapat memberikan peringatan kepada pengunjung apabila komputer mereka terinfeksi virus dan menyarankan untuk segera membersihkannya. Biasanya, agar dapat mengakses website Anda, pengunjung akan diminta memasukkan CAPTCHA.

Dapat Mengakses Content saat offline dan mengurangi Penggunaan Resource Server

Ketika hosting mengalami gangguan, pengunjung akan tetap dapat mengakses website karena halaman website sudah ada dalam cache CloudFlare. Saat menggunakan CDN, request pada server akan berkurang dan hal ini mempengaruhi beban server, misalnya penggunaan CPU pada hosting. Bahkan ketika ada lonjakan visitor, beban server akan tetap aman.

Memiliki Data tentang Laporan Pengunjung.

CloudFlare dapat menampilkan visitor apakah itu robot search engine (Contoh Bot dari Google untuk mengindeks artikel/postingan Anda), ancaman, atau tfafik (lalu lintas) dari pengunjung manusia (real human).

Penutup

Demikian artikel mengenai apa itu cloudflare dan bagaimana cara kerjanya. sebagai informasi bahawa CloudFlare memiliki versi gratis dan Versi berbayar yang disebut CloudFlare Pro. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjung halaman resminya disini

Info Tambahan bagi Para Pembaca: 

Pengunjung website dibagi menjadi tiga jenis:

  1. Visitor yaitu pengunjung yang berasal dari manusia ‘real human‘ dan berniat menemukan informasi/membaca artikel yang disediakan pada website yang dikunjungi.
  2. Perayap dan robot (bot), merupakan pengunjung  berupa program yang bertujuan untuk memindai setiap halaman website, dan dapat menghabiskan banyak bandwidth server.
  3. Attackers adalah pengunjung yang bertujuan untuk melakukan serangan pada website (virus, mallware, atau real human dengan niat tidak baik). (sumber)

Lihat Juga : 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *