Apa itu Content Delivery Network (CDN)?

Pernahkah Anda mengetes kecepatan suatu website? Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kecepatan sebuah Website adalah adanya Content Delivery Network (CDN) yang ditautkan pada Website tersebut. Ketika Visitor (Pengunjung) website Anda berlokasi di beda negara bahkan beda benua dengan server website Anda, akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menampilkan halaman website tersebut. Inilah CDN berperan agar dapat memberikan kecepatan yang optimal bagi landing page website dengan mengakses dari server yang terdekat dengan visitor website Anda.

Apa itu Content Delivery Network (CDN)?

Content Delivery Network (CDN) merupakan backbone transparan di dalam jaringan internet yang bertanggung jawab atas pengiriman konten website. Sadar atau tidak, ketika Anda mengakses sebuah halaman website, maka Anda telah berinteraksi dengan Content Delivery Network (CDN). Sebagai Contoh, Ketika Anda membaca artikel ini, maka Anda telah menggunakan CDN, karena website ini terhubung dengan cloudfare yang merupakan salah satu penyedia layanan CDN. Ketika Anda belanja online, menonton YouTube, atau sekedar melihat sosial media (seperti Facebook, Instagram atau Twitter) mungkin Anda juga telah mengakses konten yang telah dikirim melalui CDN.

Lihat Juga : Cara Mempercepat Loading Website WordPress

CDN memiliki peran untuk mengurangi latensi antara Anda dengan server yang menyimpan berkas situs web. Tujuannya adalah untuk menaikkan kecepatan dan kinerja dari situs yang Anda akses.

Catatan : Latensi adalah waktu yang dibutuhkan data untuk melakukan perjalanan antara sumber dan tujuannya, yang diukur dalam milidetik

Bagaimana Cara Kerja Content Delivery Network (CDN)?

What-is-Content-Delivery-Network

(Sumber Gambar : digitalconectmag.com)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, CDN berfungsi untuk memperkecil jarak antara pengunjung dan website. Tujuannya adalah agar waktu yang dibutuhkan untuk mengakses website lebih singkat. CDN menyimpan cache pada beberapa lokasi penyimpanan. Setiap penyimpanan yang paling dekat dengan pengunjung bertanggung jawab untuk mengirimkan konten pada waktu pengunjung situs web melakukan akses.

Catatan : Cache adalah proses yang digunakan oleh browser dan aplikasi untuk menyimpan informasi. Caching membuat aplikasi atau website menjadi lebih cepat.

Penutup

Secara sederhana, CDN dapat diartikan sebagai tempat ‘penitipan‘ konten Anda di beberapa tempat dan menyediakan akses yang lebih cepat kepada pengunjung situs web.

Lihat Juga : 

Share This
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *