Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP)

Artikel berikut membahas tentang salah satu badan yang memiliki peran penting pada dunia pendidikan di Indonesia. Badan ini bernama bernama Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Selamat membaca.

Apa itu Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP)?

Seperti yang dikutip dari Website resminya, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan. Standar yang dikembangkan oleh BSNP berlaku efektif dan mengikat semua satuan pendidikan secara nasional.

Lihat Juga : Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbudristek

Struktur Organisasi Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP)

BSNP dipimpin oleh seorang ketua dan seorang sekretaris yang dipilih oleh dan dari anggota atas dasar suara terbanyak. Dalam menjalankan tugasnya, BSNP didukung oleh sebuah sekretariat yang secara ex-officio diketuai oleh pejabat kementerian pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi (Kemendikbudristek) yang ditunjuk oleh Mendikbudristek. BSNP dapat menunjuk tim-tim ahli yang bersifat adhoc sesuai kebutuhan. Anggota BSNP terdiri atas ahli-ahli di bidang psikometri, evaluasi pendidikan, kurikulum, dan manajemen pendidikan yang memiliki wawasan, pengalaman, dan komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Catatan :

  • Anggota ex-officio adalah anggota suatu Badan (terutama dewan, komite, atau majelis) atas dasar menjadi anggota Badan yang lain (seperti rangkap jabatan dalam suatu kementerian).
  • Ad hoc adalah menerangkan suatu panitia/organisasi yang dibentuk untuk jangka waktu tertentu dalam rangka menjalankan atau melaksanakan program khusus
  • Dalam menjalankan tugasnya, BSNP didukung dan berkoordinasi dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemdikbud) dan departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama (kemenag), dan dinas pendidikan di provinsi/kabupaten/kota.

Lihat Juga : Evaluasi Kurikulum 2013

Tugas dan Wewenang BSNP

Setelah kita mengetahui apa itu BNSP dan Struktur organisasinya, kita juga perlu mengetahui tugas dan wewenang dari BNSP. Berikut ini tugas dan wewenang dari Badan ini.

  • Mengembangkan Standar Nasional Pendidikan
  • Menyelenggarakan ujian nasional
  • Memberikan rekomendasi kepada Pemerintah dan pemerintah daerah dalam penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan
  • Merumuskan kriteria kelulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • Menilai kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan buku teks pelajaran

Lihat Juga : Pembelajaran Berdiferensiasi : Penerapannya di Kelas

Alamat dan Kontak BNSP

Berikut ini alamat BNSP dan kontak yang dapat dihubungi.

Alamat :

  • Komplek Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung D lantai 2 Jl. RS Fatmawati, Cipete Jakarta Selatan

Kontak : 

  • Telepon : +6221-7668590
  • Fax : +6221-7668591
  • Email :  info@bsnp-indonesia.or.id dan sekretariat@bsnp.or.id
Share This

Add a Comment

Your email address will not be published.