Bantuan Kuota Belajar Tahun 2021

Pemerintah dalam hal ini Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) tetap melanjutkan program bantuan kuota belajar bagi Pelajar mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA hingga Perguruan tinggi serta Guru dan Dosen. Simak informasi yang berkaitan dengan kebijakan ini yang dihimpun dari sumber resmi kemendikbud dan siaran zoom Menteri pendidikan dan kebudayaan, Mas Nadiem Makarim, pada hari Senin, 1 Maret 2021.

Kuota Belajar tahun 2021

Lihat Juga : Informasi KIP Kuliah Tahun 2021

Syarat Penerima Kuota Belajar Tahun 2021

Seperti pada program sebelumnya syarat penerima Kuota Belajar ini adalah semua peserta didik dan Guru serta Dosen yang terdaftar di Dapodik (untuk Guru dan Murid PAUD, SD, SMP dan SMA) dan Pangkalan Data Dikti (Untuk Mahasiswa dan Dosen). Adapun yang menjadi catatan dalam program bantuan data tahun 2021 ini adalah sebagai berikut :

  1. Bantuan akan di salurkan selama 3 bulan mulai bulan Maret, April, dan Mei 2021. Penyaluran dilakukan mulai tanggal 11 – 15 Maret 2021 dengan masa aktif kuota adalah 30 hari
  2. Penerima bantuan akan otomatis menerima bantuan paket kuota belajar jika sudah pernah menerima di tahun sebelumnya (tidak perlu mengupload kembali SPTJM).
  3. Jika Penerima melakukan perubahan nomor ponsel atau pun belum pernah terdaftar sebagai penerima pada periode sebelumnya, maka wajib melakukan validasi dengan mengupload SPTJM seperti pada program sebelumnya.
  4. Penerima sebelumnya yang menggunakan kuota belajar kurang dari 1 GB, maka pada tahun ini tidak akan menerima program bantuan paket ini.

Fleksibilitas Kuota Belajar Tahun 2021

  1. Fleksibilitas penggunaan paket data pada tahun ini sudah ditingkatkan dan All Network (Semua Jaringan). Kuota data internet dapat di gunakan untuk semua website (termasuk Youtube).
  2. Paket Kuota tidak dapat digunakan untuk website yang tidak berkaitan dengan pendidikan seperti Sosial Media (Instagram, Facebook, Twitter) dan Tiktok.
  3. Kuota Internet ini tidak dapat digunakan untuk website yang diblokir oleh pemerintah (Kementrian Komunikasi dan Informatika)
  4. Daftar situs dan aplikasi yang dikecualikan di atas dapat bertambah sewaktu-waktu.
  5. Paket data yang diterima akan lebih kecil jumlahnya dari paket kuota belajar  pada periode sebelumnya

Berikut ini  Daftarnya :

Kuota Belajar Kemdikbud 2021

  1. Peserta Didik Jenjang PAUD akan memperoleh kuota sebesar 7 GB per Bulan
  2. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Murid SD, SMP dan SMA) akan menerima Kuota sebesar 10 GB perbulan
  3. Pendidik tingkat PAUD, dan tingkat pendidikan dasar dan menengah akan menerima kuota sebesar 12 GB per bulan
  4. Dosen dan Mahasiswa kan menerima Kuota Belajar sebesar 15 GB per bulan

Lihat Juga : Padlet Media Pembelajaran Virtual untuk Guru

Penutup

Demikian Informasi yang berkaitan dengan bantuan kuota belajar dari kemendikud untuk tahun 2021. Paket bantuan yang rencanakan hanya diberikan selama 3 bulan di tahun 2021 dengan harapan setiap sekolah akan melakukan pembelajaran tatap muka di tahun ajaran baru walaupun dengan skema shifting terlebih dahulu.

Sumber

Share This

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *