BOP : Informasi Penyaluran Dana BOP Tahap II 2021

Apa itu BOP?

BOP merupakan singkatan dari Bantuan Operasional Pendidikan yang ditujukan untuk bantuan operasional jenjang pendidikan Pendidikan Anak Usian Dini (PAUD).

Apa Perbedaan BOS dan BOP?

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) merupakan dana bantuan yang disediakan oleh pemerintah. Dana ini disalurkan melalui kementerian pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Keduanya sama-sama ditujukan untuk keperluan operasional yang dibutuhkan oleh satuan pendidikan. Penggunaan Dana tersebut dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran seperti membeli alat-alat untuk kegiatan belajar mengajar, penerimaan siswa/i baru dan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah.

Dana BOS diperuntukkan sekolah tingkat SD, SMP, SMA/SMK, SLB. Sedangkan dana BOP PAUD khusus bagi anak usia dini yang diberikan kepada satuan pendidikan yang menyelenggarakan program PAUD.

Lihat Juga : Dapodik Versi 2022 : Menampilkan GTK yang Hilang

Informasi Penyaluran BOP Tahap II Tahun 2021

Berikut ini informasi yang berkaitan dengan penyaluran BOP Tahap II tahun 2021 Seperti yang dikutip dari website resmi dapodik

Kepada Yth.

  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
  2. Kepala Dinas Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia

Dalam rangka persiapan penyaluran dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Tahap II Tahun 2021 yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 15 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan, dengan hormat kami sampaikan informasi tentang penetapan dan penyaluran dana BOP Tahap II Tahun 2021 sebagai berikut:

  1. Batas waktu penyampaian data pokok pendidikan (Dapodik) sebagai dasar perhitungan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Tahap II Tahun 2021 adalah tanggal 30 September 2021.

  2. Berdasarkan Dapodik tanggal 20 September 2021, terdapat 40.302 (18,72%) satuan Pendidikan belum melakukan sinkronisasi dari total 215.240.

  3. Berdasarkan butir 1 dan 2, dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan, maka:

    1. dinas pendidikan menyampaikan laporan realisasi penyaluran Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan Tahap I Tahun 2021 pada laman https://bop.kemdikbud.go.id/ menggunakan akses manajemen Bantuan Operasional Penyelenggaraan.
    2. satuan pendidikan wajib menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Tahap I

      Tahun 2021 pada laman https://bop.kemdikbud.go.id/ menggunakan akses Dapodik. Kondisi per 20 September 2021, jumlah satuan pendidikan yang menyampaikan laporan realisasi penggunaan Bantuan Operasional Penyelenggaraan masih sangat rendah, yaitu sebanyak 18.213 (9%) satuan pendidikan PAUD, 473 (5%) satuan pendidikan PKBM, dan 23 (5%) SKB.

    3. satuan pendidikan melakukan pemutakhiran izin pendirian/ izin operasional/ izin penyelenggaran pendidikan melalui sistem https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id.
  4. Dinas Pendidikan Provinsi/ Kabupaten/ Kota melakukan pendampingan, pengawasan, dan pemantauan pengelolaan Bantuan Operasional Penyelenggaraan pada satuan pendidikan, termasuk mendorong kewajiban satuan pendidikan sebagaimana pada butir 3b dan 3c sesuai dengan kewenangannya.

Penutup

Demikian informasi yang berkaitan dengan persiapan penyaluran dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Lihat Juga : Hybrid Learning : Sistem Pembelajaran di Masa Pandemi

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *