Bounce Rate : Cara Mengatasi Bounce Rate yang tinggi


Pengertian Bounce Rate.

Bounce Rate dapat diartikan sebagai ukuran waktu kunjungan bagi Visitor website Anda dan diukur dalam persen. Jika semakin tinggi persentasenya, maka semakin tidak menarik website Anda dikunjung. Bisa jadi pengunjung Anda hanya singgah sebentar dan tidak tertarik untuk melihat konten lainnya. Bounce Rate juga dapat diartikan sebagai seberapa menariknya website Anda sehingga visitor mau mengklik konten lain. Jika pengunjung lama pada suatu konten, tetapi tidak mengklik konten lain, maka persentasinya akan tetap tinggi.

Pengaruh Bounce Rate Yang Tinggi Pada Website.

Jika Bounce rate website Anda terlalu tinggi maka dapat mempengaruhi popularitas website Anda di Mesin Pencari seperti Google dan Yahoo (Bing). Website juga akan sulit mendapatkan posisi SERP. Karena termasuk hal yang mempengaruhi SERP, maka Anda harus memperhatikan hal – hal yang berkaitan dengan Bounce Rate.

Manfaat Bounce Rate Yang  Rendah

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa semakin besar Bounce Rate maka semakin tidak populer lah website Anda di SERP mesin pencari. Artinya, Semakin rendah persentasenya, maka dapat mempertahankan peringkat website (SERP) di mesin pencari. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan page view pada website anda dan ujung – ujungnya jika Website Anda telah dimonetisasi seperti Adsense, Peresntase yang rendah memiliki efek pada penghasilan AdsenseAnda.

Baca Juga :Cara Menghapus Tema WordPress

Cara Mengatasi Bounce Rate Tinggi Pada Website.

Pertanyaan yang muncul bagi pemilik website tentunya adalah bagaimana cara mengatasi Bounce Rate yang tinggi. Untuk menghindari persentas yang tinggi anda harus perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Beri Informasi yang berkualitas

Para pengunjung Anda tentunya bukan tidak sengaja datang ke website Anda. Ibarat seorang tamu, maka seseorang bertamu tentu memiliki tujuan tertentu. Sama halnya seperti pengunjung website Anda. Tentunya mereka ingin menemukan sesuatu yang ingin mereka ketahui baik berupa informasi maupun jawaban atas pertanyaan yang ada dibenak mereka. Untuk itu maka hendaknya konten yang ditampilkan hendaknya menyajikan informasi yang relevan dengan judul konten yang di suguhkan. Sebagai contoh jika website Anda bertemakan Tutorial, tentunya pengunjung Anda ingin mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tutorial atau suatu cara atas masalah mereka. Buatlah konten dengan bahasa yang mudah dimengerti audien Anda.

  1. Perhatikan Penampilan Website

Tampilan website juga mempengaruhi tingkat kebetahan pengunjung di Website Anda. Website yang baik hendaknya dibuat sederhana namun tetap memiliki estetika. Perhatikan background Website Anda dengan warna text agar mudah dibaca oleh pengunjung. Pada setiap halaman hendaknya juga menampilkan link terkait yang relevan dengan isi konten tersebut. Seperti related post atau latest post bisa dimunculkan, tentu membuat pengunjung akan berlama lama di website dan pengunjung mau mengklik konten lain karena menganggap konten lain juga menarik.

Baca Juga : Tema WordPress yang SEO Friendly 2021

  1. Tema Yang Mobile Responsive

Jumlah pengguna Smartphone yang sangat fantastis menjadi pangsa pasar tersendiri untuk dijadikan pengunjung Website Anda. Maka sebaiknya Pilihlah Tema Website yang SEO Friendly dan juga Mobile Responsive, artinya Website akan mudah dibaca di perangkat seluler.

  1. Kecepatan Website

Tidak ada seorangpun yang suka menunggu berlama-lama, begitu juga saat browsing. Jika website memiliki loading lambat besar kemungkinan akan segera ditinggalkan oleh pengunjungnya. Silahkan gunakan GTMetrix ataupun Google Page Insight untuk melihat kecepatan Website Anda.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Website

Penutup

Bounce Rate sangat mempengaruhi popularitas Website Anda di Mesin Pencari. Usahakan meminimalkan persentasenya dengan melakukan tips yang telah disebutkan di Atas. Selamat mencoba dan salam sehat selalu.

Have any Question or Comment?

2 comments on “Bounce Rate : Cara Mengatasi Bounce Rate yang tinggi

Irma

Sangat Informatif. Terima Kasih atas infonya

Reply

Terima Kasih Atas kunjungannya

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *