Cara Cek Kuota SNBP sekolah Tahun 2023

Pada postingan ini akan dijelaskan cara cek kuota sekolah untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023. Selamat Membaca.

Tujuan SNBP

  1. Mempersiapkan dan melaksanakan tes masuk PT yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.
  2. Membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik atau akademik dan prestasi lainnya, melalui jalur SNBP
  3. Membantu memperoleh calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK saja atau UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, melalui jalur SNBT

Cara Cek Kuota SNBP tahun 2023

Berdasarkan info resmi yang dihimpun dari website resmi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Setiap sekolah dapat mengetahui jumlah kuota siswa yang dapat mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2023 melalui jalur SNBP dengan mencari berdasarkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) atau berdasarkan Lokasi. Berikut ini cara cek Kuota SNBP tahun 2023.

Cek Kuota SNBP

  1. Silahkan akses website resmi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di sini
  2. Kemudian pilih opsi pencarian yang ingin dipilih (berdasarkan NPSN atau Lokasi Sekolah)
  3. Jika memilih opsi pencarian berdasarkan NPSN, masukan NPSN sekolah yang ingin di cari (Opsi ini menampilkan data tunggal sekolah yang dicari)
  4. Jika memilih opsi pencarian berdasarkan Lokasi, silahkan pilih provinsi dan Kabupaten/Kota yang ingin di cari (Opsi ini menampilkan semua sekolah dilokasi yang dicari)
  5. Data Kuota setiap sekolah telah tersedia.

Catatan :

Kuota ini dapat ditentukan berdasarkan akreditasi sebuah sekolah.

  • Jika Sekolah tersebut memiliki Akreditasi A, maka kuota siswa yang dapat mendaftar adalah sebesar 40% dari total kelas XII di sekolah tersebut.
  • Jika sekolah amemiliki akreditas B maka sekolah tersebut berhak mendaftar sebesar 25% dari total kelas XII.

Penutup

Demikian penjelasan terkait langkah cara cek kuota Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 untuk setiap sekolah di seluruh Indonesia. Selamat mencoba dan semoga dapat membantu setiap sekolah dalam mengetahui kuota SNBP masing-masing.

Lihat Juga : 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *