Cara Daftar SNMPTN 2021 (Hanya 7 Langkah)

Cara daftar SNMPTN 2021 – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 sudah dibuka mulai tanggal 15 – 24 Februari 2021. Pada SNMPTN tahun ini, ada 86 pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Politeknik Negeri yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia yang dapat dilihat ketika sudah mendaftar. Bagi Anda Alumni Tahun 2021 yang sudah memiliki akun LTMPT, dapat mendaftarkan diri Anda di Universitas pilihan anda. Pengumuman SNMPTN 2021 bisa diakses pada 22 Maret 2021, melalui laman LTMPT di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.

Pendaftar yang tidak lolos jalur SNMPTN masih dapat mencoba melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau seleksi mandiri yang dibuka oleh masing-masing PTN. Mari baca informasi 7 Langkah cara daftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada artikel berikut ini.

Lihat Juga : 6 Langkah Mudah Membuat Akun LTMPT untuk Siswa

Langkah 1. Akses Alamat Resmi SNMPTN 2021

Silahkan akses alamat resmi pendaftaran SNMPTN 2021 pada portal.ltmpt.ac.id atau snmptn.ltmpt.ac.id (link alamat dapat dilihat disini). Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Cara daftar SNMPTN 2021

silahkan pilih SNMPTN (Pendaftaran SNMPTN). Jika Anda langsung menuju link snmptn.ltmpt.ac.id, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini kemudian akan tampak beberapa menu seperti gambar yaitu :

Log in cara daftar SNMPTN 2021

  1. Profil
  2. Pilihan
  3. Portofolio
  4. Prestasi
  5. Finalisasi

Catatan : Mulailah dengan mengisi profil dengan mengklik tampilan ‘Profil’.

Langkah 2. Isi Profil untuk daftar SNMPTN 2021

Gambar dibawah ini adalah untuk mengisi kelengkapan orangtua pada menu profil calon peserta SNMPTN 2021. Isilah rentang ‘Penghasilan Orang Tua per bulan‘ dan ‘Jumlah tanggungan Orang tua‘, Lalu tekan ‘Simpan’.

Profil Daftar SNMPTN 2021

Langkah 3. Isi Pilihan Prodi SNMPTN 2021

Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi Program Studi (Prodi) pilihan SNMPTN yang akan dipilih pada SNMPTN 2021 ini. Langkahnya adalah sebagai berikut : (Lihat Gambar)

  1. Carilah Universitas atau Institut atau politeknik yang akan anda pilih sebagai prodi pilihan SNMPTN 2021. Setiap Calon Mahasiswa yang mengikuti seleksi SNMPTN ini dapat memilih dua program studi (prodi) dengan catatan bahwa salah satu prodi dari kedua prodi tersebut harus satu provinsi dengan sekolah asal siswa tersebut. Sebagai contoh, seorang calon mahasiswa dari Kota Medan ingin memilih prodi Hukum Internasional di Universitas Indonesia dan ingin memilih dua prodi. Prodi lainnya yang dipilihnya harus berada di Sumatera Utara yaitu Universitas Negeri Medan (Unimed) atau Universitas Sumatera Utara (USU)
  2. Pilih Prodi yang akan tampil di kolom sebelah kanan dari PTN / Politeknik Negeri.
  3. Klik Simpan Semua Pilihan.Isi Prodi dalam cara daftar SNMPTN 2021

Lihat Juga : Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMED 2021

Langkah 4. Isikan Portofolio SNMPTN 2021 (Untuk Prodi Khusus)

Portofolio hanya disyaratkan untuk program studi tertentu yang membutuhkan keterampilan khusus seperti Olahraga, Seni dan prodi lainnya yang membutuhkan keahlian atau skill tertentu. jika prodi yang dipilih mensyaratkan dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisi.  (Plih Lanjut Isi Prestasi)Portofolio dalam cara daftar SNMPTN 2021

 

Langkah 5. Isi Prestasi (Jika Ada)

Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Hanya diisi dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya. Anda dapat mengisi Maksimal 3 jenis prestasi yang pernah diraih. Isilah Bidang Prestasi (dapat dipilih pada pilihan tersedia) serta mengisi tingkat prestasi (Internasional, Nasional, Provinsi atau Kab/Kota) dengan mengunggah sertifikat bukti Prestasi dalam format PDF atau PNG atau  JPG dengan ukuran maksimal 100MB (Lihat Gambar)

Isi Prestasi

Lihat Juga : Tanggal Penting dan Jadwal SNMPTN 2021

Langkah 6. Finalisasi Data Anda

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.

Finalisasi data

Langkah 7. Unduh Kartu Registrasi (daftar SNMPTN 2021)

Setelah semua langkah selesai dilakukan dan di finalisasi, maka Anda hanya tinggal mengunduh kartu registrasi (lihat gambar diatas). Kartu ini akan berformat PDF yang akan di tandatangani oleh Peserta SNMPTN.

Lihat Juga : Informasi KIP Kuliah Tahun 2021

Kesimpulan cara Daftar SNMPTN 2021

Berikut ini ringkasan cara daftar SNMPTN 2021

  1. Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.
  2. Lengkapi data “Kelengkapan Data Orang Tua” dan ‘Tanggungan Orang Tua‘ pada halaman PROFIL.
  3. Mengisi pilihan Program Studi (prodi) yang dipilih pada halaman PILIHAN.
  4. Lengkapi data portofolio pada halaman PORTOFOLIO, (Jika diperlukan)
  5. Isi prestasi pada halaman PRESTASI.
  6. Melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya.
  7. Unduh dan mencetak kartu registrasi.

Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil dalam SNMPTN 2021 ini. Amin.

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *