Blogging

Cara Membuat Daftar Isi di Blog WordPress Secara Otomatis

Cara membuat daftar Isi

Pernahkah anda melihat daftar isi pada sebuah artikel blog? Daftar isi ini berguna sebagai panduan untuk melihat isi dari sebuah tulisan. Seperti dalam sebuah buku, daftar isi ini berguna  sebagai panduan untuk melihat secara keseluruhan isi dari suatu artikel secara cepat tanpa harus membaca seluruh artikel. Daftar isi tersebut akan memudahkan pembaca dalam memperoleh informasi mengenai sub – judul artikel. Hal ini sangat berguna, terutama untuk artikel yang cukup panjang dan memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk membaca secara keseluruhannya.  Dalam artikel ini akan dibahas cara membuat daftar isi blog di setiap konten dengan berbekal plugin WordPress dan secara otomatis.

Cara membuat daftar isi

1. Persiapan Membuat Daftar Isi

Sebelum mulai membuat daftar isi di artikel, Anda harus mengakses ke dashboard WordPress Anda.

 

2. Menginstal Plugin untuk Membuat Daftar Isi

Berikut ini akan dijelaskan cara membuat daftar isi untuk artikel Anda pada Blog WordPress dengan menggunakan plugin Table of Content Plus. Silakan instal dan aktifkan plugin tersebut terlebih dahulu.

cara membuat daftar isi

3. Membuat Pengaturan Daftar Isi

Setelah plugin (penggaya) selesai diinstal dan diaktifkan, selanjutnya Anda perlu melakukan pengaturan untuk menentukan posisi dimana daftar isi ingin ditampilkan.

Langkah 1. Pilih menu Settings  dan  TOC+

cara membuat daftar isi

Langkah 2.  Mengatur tampilan pada tab Main Options.

Silakan lakukan pengaturan sesuai keinginan Anda. (perhatikan gambar di bawah ini.)

cara membuat daftar isi blog

Keterangan Gambar :

  • Position : berfungsi menentukan letak dari daftar isi artikel Anda. Jika anda memilih Top, artinya daftar isi akan muncul di awal artikel Anda. Silahkan pilih posisi daftar isi, sesuai keinginan Anda. Namun, pada umumnya, posisi daftar isi ini berada di atas artikel.
  • Show when : berfungsi untuk menampilkan jumlah minimal sub-judul yang ingin di tampilkan. Namun, angka tersebut bergantung pada sub-judul artikel yang Anda miliki.
  • Auto Insert for the following content types : berfungsi untuk menampilkan postingan dan halaman artikel Anda secara otomatis. Silakan centang bagian post dan page jika Anda hanya ingin menampilkan postingan dan halaman secara otomatis pada artikel tersebut.

cara membuat daftar isi

  • Heading text :  berfungsi untuk membuat nama dari daftar isi yang akan dibuat pada artikel. Cukup isi dengan Daftar isi untuk blog berbahasa Indonesia atau Table of Content untuk blog berbahasa Inggris.
  • Show hierarchy : berfungsi untuk menampilkan hierarki pada daftar isi. Silahkan centang untuk menampilkan hierarki (tingkatan) daftar isi Anda.
  • Number list items : berfungsi untuk memberikan nomor pada daftar isi. Jika anda mencentang pilihan ini, maka daftar isi artikel Anda akan menampilkan nomor dari daftar isi tersebut.
  • Enable smooth scroll effect : berfungsi sebagai pengaturan jika ingin berhenti pada bagian sub-judul tertentu ketika daftar isi artikel Anda diklik.

cara membuat daftar isi

 

Langkah 3. Pengaturan Lanjutan : Appearance.

Appearance, yaitu tampilan daftar isi yang akan muncul di artikel Anda. Berikut ini penjelasan mengenai pengaturannya lainnya.

  • Width yaitu untuk mengatur lebar dari daftar isi. Dalam hal ini silahkan pilih Auto (default)
  • Wrapping yaitu untuk mengatur posisi. Silahkan pilih pengaturan standartnya.
  • Font size yaitu untuk mengatur ukuran huruf dari daftar isi yang akan di tampilkan
  • Presentation yaitu untuk mengatur bentuk tampilan daftar isi yang akan tampil di artikel.

Lihat Juga Postingan Lain:

Cara membuat Halaman Privacy Policy

 

Penutup

Demikian tutorial untuk membuat daftar isi di artikel Anda dengan menggunakan Plugin Table of Content Plus dengan harapan dapat memperindah tampilan dari artikel yang Anda posting. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

 

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *