Google Formulir

Cara Membuat Kuis dengan Google Formulir

Menyimpan soal format pdf

Logo Google Formulir

Google Formulir adalah salah satu aplikasi survei online dari Google. Salah satu fungsi lainnya adalah dapat digunakan untuk membuat Kuis Online khususnya bagai guru yang sedang melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Dalam tulisan ini, akan dijelaskan beberapa langkah untuk membuat kuis online dengan menggunakan google formulir. Pertama, anda harus menyediakan akun Gmail. Kedua, anda harus mengakses halaman Google Drive untuk dapat membuat soal kuis. Ketiga, dan paling penting, adalah menyiapkan soal yang akan dijadikan kuis online. Selanjutnya, anda harus mengetahui cara membagikan link ke siswa. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat Kuis online dengan menggunakan aplikasi Google Formulir secara lengkap dan terperinci.

1. Login Google Drive dengan menggunakan Akun Email Google

Untuk dapat memulai membuat Kuis online, langkah pertama anda harus masuk ke Google Drive, kemudian masukan email google dan email anda.

2. Membuat Halaman Google Form Baru.

Setelah anda berhasil masuk ke Google Drive akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

Tampilan Google Drive untuk Google Formulir

Kemudian silahkan klik ikon Baru di kiri atas. dan akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Pilihan Google Formulir

Lalu pilih Lainnya dan akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Pilihan Google Formulir

Kemudian Klik Google Formulir dan Pilih Formulir Kosong seperti pada gambar di bawah ini.

Tempelet Kosong Google Formulir

Setelah berhasil membuat Formulir kosong, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Formulir kosong Google Formulir

3. Mulai mengedit Google Form.

Setelah muncul formulir kosong seperti gambar di atas, anda sudah siap untuk membuat pertanyaan. Tentukan jumlah pertanyaan yang akan dibuat. Ada beberapa pertanyaan yang dapat dijadikan kuis. Hal ini tergantung oleh pembuat pertanyaan. Google Formulir menyediakan format pertanyaan dalam bentuk jawaban singkat, pilihan berganda, ChecklistDrop DownSkala Liner dan lain sebagainya. Dalam tutorial ini hanya akan menjelaskan membuat pertanyaan bentuk pilihan berganda. Jenis soal ini termasuk praktis karena tidak merepotkan guru dalam memeriksa jawaban siswa karena sistem akan mengumpulkan jawaban siswa dan memberikan data termasuk nilai yang diperoleh siswa.

Pilihan Ganda Google Formulir

Silahkan buat judul Formulir yang akan dibuat dengan mengklik tulisan Formulir Tanpa Judul di Google Formulir anda, sebagai contoh : Kuis Matematika Kelas VII SMP.

Judul Google Formulir

Gambar 1. Kolom Judul Formulir sebelum diberi nama

Judul Google formulir2

                                     Gambar 2. Kolom Judul Formulir setelah diberi nama

Catatan : Anda dapat mengisi deskripsi formulir dan dapat juga tidak mengisi. sebagai contoh jika anda mengisi deskripsi formulir, maka dapat di isi dengan penjelasan seperti nama guru yang mengampu atau tahun ajaran yang sedang berlangsung.

4. Membuat Identitas Peserta Ujian

Agar dapat mengetahui peserta ujian yang mengisi kuis anda, maka perlu dibuat identitas soal minimal terdapat nama siswa dan kelas.

Google Formulir 2

Tuliskan Identitas peserta ujian seperti Nama dan Kelas kemudian ganti opsi Pilihan Ganda (di kanan atas)  dengan Jawaban Singkat. Silahkan ulang langkah ini dengan mengklik tanda + di sebelah kanan hingga tercipta 2 jenis identitas pengisi kuis yaitu nama dan kelas.

Catatan : Jangan lupa untuk menggeser tombol Wajib diisi di sebelah kanan bawah sehingga akan berubah menjadi warna biru dengan tujuan agar siswa wajib menyertakan nama dan kelasnya sehingga dapat dikenali. (lihat gambar di bawah ini).

Tampilan Soal Kuis Google Formulir

Catatan : Anda dapat mengisi langsung pertanyaan dengan mengklik simbol + atau memisahkan bilah sisi antara judul dan isi (Pertanyaan). Dalam tutorial ini, akan dijelaskan pemisahan bilah sisi antara identitas pertanyaan dan isi agar tampilan nya lebih indah.

5. Memisahkan Bilah Sisi Identitas dan Isi (Pertanyaan).

Silahkan klik  simbol sama dengan (simbol yang paling bawah) seperti pada gambar di bawah ini.

Bilah Sisi Kuis google formulir

6. Menulis Soal Anda.

Setelah anda mengklik simbol sama dengan di atas maka formulir akan terpisah menjadi 2 bagian yaitu bagian identitas dan bagian isi (Pertanyaan) seperti pada gambar di bawah ini.

Tampilan kuis Google Formulir

Tuliskan Pada bagian Judul untuk membedakan identitas dan isi formulir Contohnya : Soal Matematika kemudian klik tanda + untuk menambah soal (lihat gambar di bawah ini)

Soal Google Formulir

Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan opsi jawaban yang akan di jawab oleh siswa dengan mengklik Opsi 1, kemudian tambah pilihan jawaban lainnya dengan mengklik tambahkan opsi. jumlah pilihan di serahkan kepada pembuat soal, bisa jadi hanya A, B, C, D atau A, B, C, D, E. tergantung kebutuhan dan tingkatan siswa. Setelah pilihan lengkap maka akan muncul seperti gambar dibawah ini. Setelah itu, Ulang langkah 6 untuk jumlah soal tertentu. Misalkan anda ingin membuat 10 buah soal, maka ulangi langkah 6 sehingga tercipta 10 buah soal.

Soal online google formulir

Catatan : 

7. Menjadikan Formulir anda sebagai Kuis

Langkah berikutnya adalah menjadikan formulir yang anda sebagai Kuis (Lihat Gambar)

tampilan edit setting kuis google formulir

Lihat simbol yang dilingkari. Simbol ini terdapat di kanan atas Google Formulir. klik simbol Setting tersebut maka akan muncul pengaturan seperti pada gambar di bawah ini :

Catatan : 

  1. Jika anda mencentang Kumpulkan alamat email artinya anda meminta siswa anda untuk memasukkan alamat email mereka
  2. Jika anda mencentang Batasi 1 tanggapan artinya anda membatasi siswa hanya bisa mengisi ujian ini 1 kali dan tidak memperkenankan siswa untuk mengulangi kuis ini sebagai remedial
  3. Tidak disarankan untuk mencentang edit setelah pengiriman karena nantinya siswa anda dapat mengedit jawaban mereka.
  4. Silahkan langsung klik Kuis pada settingan ini dan set jadikan sebagai kuis (geser tombolnya sehingga berwarna biru)

Catatan : 

  1. Jika anda mengklik Rilis Nilai : Segera Setelah setiap pengiriman artinya siswa anda dapat melihat nilai saat mereka telah berhasil mengirimkan formulir mereka, jika anda tidak menginginkan pilihan ini silahkan pilih opsi Nanti, setelah peninjauan manual.
  2. Anda juga dapat memberikan akses kepada siswa seperti mengijinkan mereka untuk melihat pertanyaan yang tidak terjawab, Jawaban yang benar dan Nilai Poin. pengaturan ini diserahkan kepada anda.
  3. Jangan lupa mengklik Simpan agar pengaturan yang anda buat tersimpan

8. Tambahkan Kunci Jawaban dan Nilai

Setelah soal di buat, langkah selanjutnya adalah memberi nilai dan kunci jawaban. Klik Kunci Jawaban seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah mengklik kunci jawaban maka akan muncul gambar di bawah ini. Silahkan masukan jumlah poin yang kan di masukkan dan tidak melebihi total nilai 100. Contoh jika anda ingin membuat 10 pertanyaan maka masing-masing soal akan bernilai 10. Jika anda ingin membuat 25 soal maka masing – masing soal bernilai 4.  Kemudian pilih jawaban yang benar dengan mengklik pilihan yang merupakan kunci jawaban soal tersebut

9. Mengirim Kuis online.

Setelah soal pada kuis telah selesai dibuat, maka saatnya anda membagikan link yang akan digunakan siswa untuk menjawab soal yang akan telah anda buat. Tutorial membagikan link akan dibahas di postingan selanjutnya

(Baca : Tutorial membagikan link Google Form)

10. Penutup.

Demikian tutorial membuat kuis online dengan Google formulir. Pada kesimpulannya, tidak hanya guru yang dapat terbantu dengan adanya aplikasi ini, tetapi juga siswa juga dapat terbantu dengan adanya kuis online dengan google formulir ini. Kuis online ini dapat diakses oleh siswa dengan catatan mereka memiliki akun Google juga. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *