Cara Mendaftar Asesor PPG Pra Jabatan

Berikut ini cara mendaftar menjadi Asesor PPG. Bagi Anda yang tertarik menjadi Asesor PPG Pra Jabatan, mari simak artikel ini, akan di jelaskan langkah demi langkah. Semoga bermanfaat.

Apa itu Pendidikan Profesi Guru (PPG)?

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru.

Bagaimana Cara Mendaftar Asesor PPG Pra Jabatan?

Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan mengenai Rekrutmen Calon Asesor PPG,berikut ini langkah demi langkah cara mendaftar asesor PPG Pra Jabatan.

Catatan : Pendaftaran bisa dilakukan paling lambat 16 April 2022 jam 23.59 WIB. Pelatihannya akan berlangsung secara online mulai April hingga Juli 2022.

Langkah 1. Masuk ke website resmi

Berikut ini website resmi  https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran kemudian pilih ‘Daftar Sebagai Asesor’

Asesor PPG Prajab

Langkah 2. Daftar Sebagai Asesor

Langkah selanjutnya adalah Anda diminta untuk memilih apakah Anda ingin mendaftar asesor dari unsur Kepala sekolah, atau Widyaiwara atau Akademisi atau Praktisi Pendidikan atau Guru atau Widyaprada atau Dosen. Silahkan pilih sesuia peran yang Anda miliki.

unsur Asesor PPG

Langkah 3. Konfirmasi Akun Calon Asesor PPG

Setelah memilih peran Anda, selanjutnya Anda diminta untuk konfirmasi Akun dengan memilih apakah Anda telah memiliki Akun SIMPKB atau Belum. Lalu Klik ‘Selanjutnya’ (SIMPKB merupakan aplikasi induk dalam manajemen pengembangan keprofesian dan keberlanjutan)

Lihat Juga : Pendidikan Profesi Guru (PPG): Kompetensi yang di Uji

Konfirmasi Akun calon Asesor PPG

 

Catatan : 

  • Jika Anda telah memilik akun SIMPKB, silahkan lanjut dengan menggunakan user SIMPKB dan Passwordnya (dengan nomor UKG@guru.id atau dengan akun pembelajar)
  • Apabila Anda ingin mendaftar sebagai Asesor dari unsur Pengawas Sekolah dan belum memiliki akun SIMPKB, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

    1. Pastikan Anda telah terdaftar dan terdata di SIMTENDIK sebagai Pengawas.
    2. Setelah poin no 1 terpenuhi, silakan dapat menghubungi admin Dinas Pendidikan wilayah Anda untuk diberikan cetakan akun SIMPKB Anda

Informasi Akun

Langkah 4. Masuk ke Akun SIMPKB

Langkah Selanjutnya adalah silahkan masuk ke Akun SIMPKB. Silakan klik tombol Masuk kemudian login menggunakan SIMPKB ID atau Surel Personal dan Kata Sandi Anda atau Anda dapat melakukan login menggunakan akun belajar.id yang sudah tertaut di SIMPKB Anda untuk melanjutkan pendaftaran Asesor Seleksi Program PPG

Informasi Pendaftaran

Langkah 5. Daftar dan Isi Formulir pendaftaran Calon Asesor PPG

Setelah Anda masuk ke akun SIMPKB masing-masing, silahkan isi identitas yang diminta, kemudian diminta mengisi beberapa informasi dokumen Pribadi seperti no rekening, KTP, NPWP, Pengghargaan yang pernah diperoleh selama 5 tahun terakhir dan lain, lain. Selanjutnya upload beberapa berkas yang dibutuhkan seperti scan KTP, NPWP, Sertifikat Guru Penggerak (Bagi calon Asesor dari Unsur Guru), Sertifikat penghargaan 5 tahun terakhir.

Penutup

Demikian informasi terkait pendaftaran calon Asesor PPG. Semoga dapat membantu Anda dan semoga Lulus dalam seleksi.

 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published.