Pengaturan Sesi dan Gelombang AN 2021

Halo Para sahabat Proktor, berikut ini postingan berkaitan dengan cara pengaturan sesi dan Gelombang pada Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021. Selamat Membaca

Pengaturan Sesi dan Gelombang ANBK 2021

Salah satu pembaca setia sebuahtutorial.com bertanya melalui kolom pertanyaan pada postingan https://sebuahtutorial.com/asesmen-nasional-berbasis-komputer-2021. Pertanyaannya sebagai berikut :

Apakah untuk pemilihan gelombang itu harus selalu mengikuti pak…? contohnya di simulasi kami mengambil di gelombang 2,, gladi bersihnya kita ambil di gelombang 1. dan ujian mengambil digelombang 1,, apakah itu berpengaruh untuk mengatur sesinya pak? mohon penjelasan.

Kami Punya pengalaman saat ANBK SMP kemarin. Pada saat Gladi Bersih, kami memilih gelombang 2, namun pada saat pelaksanaannya kami pilih Gelombang 1. Hal ini memungkinkan dilakukan namun tidak disarankan. Jika Anda memilih Gelombang 1 Pada Sesi Simulasi dan Gladi Bersih dan kemudian menggantinya di Gelombang lain pada saat pelaksanaan dengan suatu pertimbangangan atau ada hal-hal tertentu, Anda perlu mengatur Gelombang dan Sesinya di Website anbk.kemdibud.go.id. Berikut langkah – langkahnya.

Lihat Juga : FAQ Survei Lingkungan Belajar Tahun 2021

Langkah Pengaturan Sesi dan Gelombang ANBK 2021

Langkah 1. Log ini ke Website anbk.kemdikbud.go.id

Langkah Pertama yang perlu sobat Proktor lakukan adalah masuk ke halaman anbk di website anbk.kemdikbud.go.id, kemudian akan muncul tampilan berikut ini :

Cara pengaturan sesi an

Langkah 2.  Pilih Menu Asesmen Nasional

Selanjutnya untuk mengatur sesi dan gelombang asesmen nasional (AN) adalah memilih menu Asesmen Nasional yang berada di sebelah kanan (lihat gambar), lalu pilih sub menu Pengaturan Sesi  di bawah menu Asesmen Nasional (Lihat gambar di bawah ini)

Pengaturan Gelombang dan Sesi AN

 

Langkah 3. Edit Gelombang dan Sesi 

Langkah terakhir adalah mengedit gelombang dan sesi sesuai keinginan para proktor. Pergantian sesi dan gelombang ini sebelumnya harap dikordinasikan dengan pihak terkait seperti Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab dan pemangku kepentingan lainnya.

Catatan : Jangan Lupa para rekan Proktor untuk melihat perubahan sesi dan gelombang yang telah di edit untuk memastikan bahwa telah terjadi perubahan sesuai yang diinginkan.

Lihat Juga : Pelaksanaan AN Tingkat SD/Sederajat : Jadwal Simulasi & Gladi Bersih

Penutup

Demikian artikel berkiatan dengan pengaturan Gelombang dan sesi pada Asesmen Nasional Tahun 2021. Semoga dapat membantu para proktor khususnya para proktor di Tingkat Satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD)/ Sederajat yang akan mengikuti kegiatan Asesmen Nasional di bulan November. Salam Sehat

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published.