Cara Menggunakan Google Trends


Jika Anda memiliki sebuah Blog/Website yang ingin menargetkan sebuah kata kunci (keyword) sebagai judul postingan Anda, maka tidak salahnya jika Anda menggunakan tools gratis yang bernama Google Trends, walaupun sebenarnya masih banyak tools lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam mencari kata kunci yang sedang populer. Pada kesempatan ini penulis hanya membahas cara menggunakan Goolge Trends. Mari simak cara menggunakan Google Trends untuk menemukan sebuah kata kunci (keyword) yang sedang dicari oleh pengguna internet di dunia Maya dengan mesin pencari.

Apa itu Google Trends?

Sebelum Anda dapat menggunakan tools ini, mari kita kenalan dengan tools ini. Google Trends adalah salah satu tools untuk menemukan keyword (kata kunci) yang lagi trending di mesin pencarian Google. Anda Juga dapat menargetkan pencarian kata kunci tertentu yang lagi trending (popular) di suatu negara tertentu. Mari simak cara menggunakan Tools ini.

Temukan Kata Kunci Berdasarkan Negara

Anda dapat menemukan suatu kata kunci yang akan menjadi target dalam membuat judul postingan dengan memanfaatkan tools Google Trends. Seperti yang dijelaskan di atas, kata kunci dapat ditentukan dengan menentukan negara tujuan Anda. (Lihat Gambar)

  • Langkah 1. Tentukan Negara Sasaran Pengguna Kata Kunci Target
  • Langkah 2. Temukan Kata Kunci yang akan di Targetkan
    Google Trends

Pada contoh postingan ini, misalkan Anda mencari Kata Kunci ‘Pertama’ dengan negara target kata kunci tersebut adalah Amerika Serikat. Maka akan muncul volume pencarian berdasarkan periode (waktu) tertentu (lihat Gambar)

Data Google Trends

Bandingakan dengan Kata Kunci Lainnya dengan Google Trends

Anda juga dapat membandingkan beberapa kata kunci dalam satu pencarian sebagai bahan perbandingan dalam mengambil keputusan yang akan dijadikan sebagai kata kunci postingan Anda. Pada postingan ini, penulis membandingkan Kata kunci Google Trends dengan MOZ yang merupakan tools pencari kata kunci populer di dunia maya. Maka akan tampak volume pencarian dengan warna grafik yang berbeda. Anda dapat membandingkan tingkat populeritas kata kunci yang satu degan yang lainnya. (Lihat Gambar di bawah)Perbandingan Google Trends

Grafik yang berwarna Biru adalah grafik yang menggambarkan tingkat popularitas kata kunci ‘pertama’ sedangkan grafik yang berwarna merah adalah garfik yang menggambarkan tingkat popularitas kata kunci ‘kedua’ di dunia maya.

Penutup

Demikian penjelasan cara menggunakan tools ini untuk mengetahui tingkat kepopuleran kata kunci di Internet. Tujuannya adalah agar Blog/Website mendapatkan visitor organik yang berasal dari mesin pencarian google. Semakin Banyak pengunjung, artinya akan semakin besar memperoleh pundi-pundi khusunya bagi Anda yang berniat untuk memonitesasi webiste Anda seperti mendaftarkannya ke google Adsense. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Lihat Juga :

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *