Tutorial Kelas Online Dengan Zoom Meeting


kelas online Zoom Meeting

 

Zoom meeting adalah salah satu aplikasi meeting online yang dapat digunakan untuk kelas online. Untuk membuat kelas dalam jaringan (daring), Aplikasi seperti Zoom Meeting ini dapat dijadikan salah satu referensi. Berikut ini tutorial penggunaan zoom meeting. Aplikasi ini dapat di unduh secar gratis di alamat resminya. Walaupun gratis, aplikasi ini menyediakan beberapa fitur yang menarik untuk kelas online.

Langkah – langkah Membuat Kelas Online Dengan Zoom Meeting

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa zoom meeting merupakan aplikasi untuk meeting online. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi di dunia maya. Bentuk interaksinya dapat berupa kelas onlian maupun untuk rapat. Berikut ini adalah langkah – langkahnya.

Langkah 1. Daftarkan akun anda di Zoom Meeting.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, anda terlebih dahulu mendaftar (sign up) akun anda di alamat https://zoom.us/ dan unduh aplikasinya. (Lihat: Tutorial mendaftarkan akun di Zoom Meeting). Anda juga dapat menginstal aplikasi Zoom meeting di perangkat seluler anda dengan mengunduhnya di google play untuk handphone berbasis android. (lihat gambar di bawah ini)
Tempilan Zoom Meeting untuk kelas online
 

Langkah 2. Masuk ke halaman aplikasi Zoom Meeting.

Setelah berhasil mendaftarkan akun dan mengunduh aplikasinya, silahkan jalankan aplikasi zoom meeting dan maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Kelas Online Zoom Meeting

Langkah 3. Memulai kelas online dengan membuat kelas baru.

Langkah selanjutnya adalah klik new meeting dan klik Join with Computer Audio
Kelas Online Zoom Meeting
 
 

Langkah 4. Mengundang siswa untuk ikut kelas

Untuk dapat mengundang orang lain baik itu siswa anda untuk kelas online atau pun teman anda untuk meeting online, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik Manage Participants dan akan muncul seperti gambar di bawah kemudian klik Invite.
 
Zoom Meeting
 
 
Zoom Meeting

Langkah 5. Membagi Link meeting dan password.

Langkah selanjutnya adalah dengan membagikan alamat (URL) meeting ataupun nomor id meeting dan pasword. dengan mengklik copy invitation
 
Zoom Meeting untuk Kelas Online
 
Link undangan meeting yang telah di klik dapat di bagikan melalui media sosial siswa atau pun akun Whatsapp peserta yang akan mengikuti meeting atauapun kelas online bersama anda.

Langkah 6. Share Screen (Membagikan Layar pada peserta lain)

 
Kelas Online Zoom Meeting
 
Setelah anda berhasil masuk ke aplikasi Zoom Meeting akan muncul menu seperti gambar di atas. silahkan anda klik Share Screen (tombol berwarna hijau). Bagi anda yang akan membagikan materi berupa slide persentasi, membagikan video atau pun file dokumen lainnya bagi peserta lain dapat menggunakan fasilitas ini.

Langkah 7. Mulai membagi file kepada peserta lain.

Setelah anda menekan tombol Share Screen maka anda akan di arahkan ke file apa yang akan dibagikan. (Catatan : Sebaiknya anda telah membuka terlebih dahulu file yang akan dishare untuk memudahkan saat membagikan file tersebut). Pilihlah file yang akan di bagi (file yang telah dipilih akan berwarna biru seperti gambar dibawah). kemudian klik share (tombol yang ada di kanan bawah)

Zoom Meeting Kelas online

Penutup.

Demikian tutorial menggukan zoom meeting bagi pemula. klik link berkikut untuk tutorial membagikan screen layar anda untuk mengajar online : Tutorial Share Screen pada Zoom Meeting. Selamat mencoba.
Postingan Terkait :
Catatan : Aplikasi ini menyediakan durasi meeting gratis selama 40 menit dan maksimal 100 orang peserta. Jika anda ingin durasi yang lebih lama, silahkan Upgrade aplikasi ini, namun anda akan dikenakan tarif berlangganan. untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi website resminya https://zoom.us

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *