Cara Menghasilkan Uang Di Internet

Mengenal Dunia Internet

Dunia Internet atau yang lebih dikenal sebagai dunia maya saat ini sudah sangat menjanjikan. Banyak hal yang berubah dari yang konvensional menuju arah yang digital. Salah satu contoh adalah metode pembayaran yang kini sudah beralih ke sistem digital. Saat ini sudah banyak muncul e-money seperti OVO, GoPay, ShopeePay, Dana, Link Aja dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan seseorang melakukan transaksi secara digital dan tidak memenggunakan uang tunai (cashless). Transaksi jual beli juga sudah mengarah berbasis digital dan semakin mudah. Sebagai contoh, saat ini jual beli sebuah produk sudah berbasis online dengan banyaknya muncul toko online dan platform belanja digital atau startup bisnis lainnya. Dengan besarnya peluang di dunia Internet saat ini, sudah saatnya kita mulai mencoba peruntungan di dunia digital. Berikut ini adalah artikel mengenai beberapa cara menghasilkan uang di Internet. Selamat membaca.

Cara Menghasilkan Uang #1. Menjadi YouTuber.

Youtube Thumbnail

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini YouTuber adalah salah satu jenis pekerjaan yang sangat diminati oleh orang. Tidak sedikit Youtuber yang memiliki penghasilan yang fantastis. Bahkan seorang anak kecil berusia 9 tahun bernama Ryan Kaji memperoleh pendapatan mencapai 29,5 juta dollar AS (Rp 418 miliar) pada tahun 2020. Wow……. Kontent Ryan’s World miliknya memiliki subsciber sebesar 41,7 Juta orang dan Views sebesar 12,2 milyar penanyangan. Di Indonesia sendiri kita mengenal nama Atta Halilintar yang menjadi salah satu orang berpenghasilan tertinggi di Youtube. Nama lain yang juga tak kalah terkenal seperti Dedi Corbuzier dengan konten Popcast ‘Close the door‘ juga kini memiliki banyak penggemar. Jika beruntung, seorang YouTuber juga dapat menjadi seorang artis. Sebut saja Fiki Naki yang saat ini sudah dikenal banyak orang berkat kontent uniknya dengan OmeTV.

Lihat Juga : Aplikasi Untuk YouTuber Pemula

Cara Menghasilkan Uang #2. Jualan Online

membuat toko online woocommerce untuk menghasilkan uang

Jika Anda memiliki naluri bisnis, jualan Online menjadi salah satu alternatif untuk menghasilkan uang di Intrenet. Dengan memanfaatkan media sosial, seseorang dapat memasarkan barang dagangannya keseluruh penjuru dunia. Jika memiliki modal yang lebih, membuat iklan atau promosi berbayar dapat mendatangkan pelanggan yang pada akhirnya tentu menghasilkan cuan.  Untuk berjualan online, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan membuat toko online (Onlineshop) dengan membuat sebuah website yang dijadikan kios Anda. Jika Anda belum cukup modal untuk membuat toko online, mungkin dapat menempatkan lapak anda di platform toko online yang sudah ada saat ini. Sebut saja toko online yang sudah terkenal seperti tokopedia, bukalapak, lazada, blibli dan lain sebagainya. Jika Anda seorang penjual makanan, mungkin Anda dapat mencoba dengan bermitra dengan Gofood atau Grabfood. 

Cara Menghasilkan Uang #3. Reseler Produk atau menjadi Dropshipper

Cara lainnya adalah Anda juga dapat menjadi seorang reseller produk tertentu dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual atau menjadi seorang dropshipper. Kedua cara ini pada umumnya sama seperti Jualan online. Anda harus memiliki keahlian dagang dan mengetahui strategi bisnis. Dropshipper biasanya tanpa modal dan hanya dibebankan biaya pendafataran sebagai anggota. seorang Dropshipper tidak menyimpan stok barang dagangannya. Jika seorang dropshipper mendapatkan order, ia akan langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke pemasok/supplier yang menjual barang tersebut. Penghasilan yang diperoleh dari seorang dropshipper adalah margin harga dari suplier dengan pembeli yang melakukan order. Keuntungan yang ingin diperoleh dapat ditentukan oleh seorang dropshipper.

Cara Menghasilkan Uang #4. Ngeblog

cara menghasilkan uang denganBlog

Bagi Anda yang hobi menulis, cobalah menyalurkan hobby Anda tersebut ke arah digital dengan membuat blog. Seperti kata pepatah kuno ‘Sambil menyelam minum air‘. Menyalurkan hobby dan menghasilkan uang. Sebagai contoh, Anda seorang traveler yang suka menuliskan kisah perjalanan Anda kedalam sebuah blog. Jika beruntung Anda dapat memperoleh perjalanan gratis yang disponsori oleh agen atau perusahaan travel tertentu dan mereview daerah kunjungan Anda sehingga menjadi destinasi wisata. Pengunjung (Visitor) yang datang untuk membaca blog anda dapat dijadikan sumber pemasukan dengan memonetisasi nya ke beberapa penyedia layanan iklan digital seperti Adsense, MGID, dan lain sebagainya. Jika Visitor yang mengunjungi blog Anda sudah banyak, maka Anda tinggal menunggu hasilnya. Pendapatan yang diperoleh adalah dengan menampilkan iklan diblog Anda dan Jika ada yang melihat iklan, maka cuan akan mampir ke dompet Anda.

Lihat juga : Menghasilkan Uang dari Website

Cara Menghasilkan Uang #5. Jual Jasa

teori belajar

Coba merenung sejenak sambil berfikir kira-kira adakah keahlian Anda yang dapat dijual sehingga menghasilkan uang di Internet. Sebagai contoh, Jika Anda seorang Guru, coba beralih dengan memberikan privat les via online. Apalagi saat pandemi saat ini yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam Jaringan)/online. Anda dapat memperoleh uang. Contoh lainnya jika anda memiliki keahlian dibidang IT, dapat menjual jasa pembuatan website baik website sekolah atau perusahaan atau perorangan. Bisa dapat cuan deh dari menjual keahlian Anda.

Lihat Juga : Cara Membuat Blogspot Untuk Pemula

Cara Menghasilkan Uang #6. Mengendorse Produk

Cara menghasilkan uang dengan endorse

Untuk yang satu ini memang agak sulit dilakukan jika Anda belum terkenal seperti seorang Artis. Biasanya orang akan tertarik mencoba produk yang diendorse seseorang jika orang tersebut sudah terkenal (he..he.. he..) tapi kalau Anda beruntung, mungkin dapat dimulai dengan meriview produk kemudian mengendorsenya. Endorse yang dilakukan adalah dengan membuat status atau postingan di sosial media seperti Facebook, Intagram, Twitter atau Tiktok. Saat ini pengguna media sosial sudah menjangkau hampir seluruh belahan dunia ini. Jumlah pengguna yang sangat banyak dapat dijadikan sebagai lahan pemasukan pundi-pundi.

Tentunya endorse produk yang dimaksuk adalah hasil kerja sama antara pemilik akun dengan perusahaan produk yang akan di endorsenya. Sebut saja megabintang JuventusCristiano Ronaldo, memiliki tarif endorse Instagram yang sangat fantastis. Sekali posting iklan, ia menerima 1,25 juta dolar atau sekitar Rp 17,5 miliar. Bahkan, pendapatan endorse Instagram Ronaldo lebih besar dari gaji per pekannya di Juventus. Bersama klub raksasa Italia, ia ‘hanya’ menerima Rp 9,6 miliar per pekan.

Dikutip dari Bonusfinder (dalam suara.com), jumlah tersebut membuat eks pemain Real Madrid itu menjadi raja endorse di Instagram. Ia mengalahkan semua pesepak bola, juga atlet olahraga lainnya. Harga mahal endorse Ronaldo sendiri tidak lepas dari followers pemain asal Portugal itu yang sangat besar. Ia memiliki 257 juta pengikut, unggul jauh dari Lionel Messi di urutan kedua yang mempunyai 180 juta followers. Wow Banget bukan….. Jika beruntung, Anda juga menghasilkan uang dari cara ini dengan menjadi selebgram yang memiliki banyak followers.

Lihat Juga : Cara Transfer Pulsa Telkomsel 2021

Penutup

Sebenarnya banyak lagi cara menghasilkan uang di Internet seperti melakukan trading (saham) dan lain sebagainya. Namun beberapa contohnya seperti saya sebutkan di atas. Jika Anda beruntung, maka Anda dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit dari Internet. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Lihat juga : Forex Trading untuk pemula

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *