Cara Mudah Website Tampil di Halaman Pertama Google

Bagi Anda Pemilik Website, suatu kebanggaan jika website atau postingan Anda Muncul di halaman pertama Google. Hingga saat ini, Google masih menjadi mesin Pencari (search engine) terbesar di dunia. Bagi Para pemula (Newbie) di dunia website, sungguh sangat susah untuk menembus halaman pertama pencarian mengingat masih banyak website yang sudah lebih ‘dewasa’ dari segi usia dan jumlah konten yang sudah begitu banyak. Contohnya adalah website ini, yang masih tergolong anak bawang yang usianya masih kurang dari setahun hingga postingan ini dibuat, Namun dengan upaya dan usaha yang dilakukan, beberapa artikel sudah masuk di halaman pertama google untuk keyword tertentu. Berikut Tips cara mudah website muncul di halaman pertama Goolge bagi Anda para pemula yang statusnya sama seperti penulis (Belajar SEO Secara otodidak). Postingan ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Selamat membaca postingan ini.

Lihat Juga : Cara Mengindeks Website Ke Bing dan Yahoo

home page sebuahtutorial.com di halaman pertama google

Optimasikan Kecepatan Website Anda

Kecepatan Website adalah salah satu hal yang penting bagi SEO. Mesin Pencari Google sangat suka dengan Website yang cepat. Sangat sulit bagi Website yang lambat untuk dapat bersaing dengan website yang sudah pengalaman dan memiliki kecepatan yang optimal. Anda dapat mengecek kecepatan website Anda dengan tools yang tersedia secara gratis, Salah satunya adalah GTMetrix. Untuk dapat meningkatkan kecepatan Website, Anda dapat menambahkan Plugin untuk meningkatkan kecepatan, salah satunya adalah LiteSpeed Cache. (Catatan : Terlalu banyak menginstall Plug In juga dapat memperlambat kinerja Website Anda)

Lihat Juga : Cara meningkatkan Kecepatan Website

Pastikan Website Mobile-Friendly

Website yang Mobile-Friendly salah satu website yang sangat disukai oleh Google. Pemilihan tema yang tepat bagi website. Silahkan Cek Website Apakah Mobile-Friendly atau tidak disini. Jika Anda bingung dengan tema yang akan dipilih,

Lihat Juga : Template WordPress yang Gratis dan SEO Friendly 2021

Mobile Friendly Checker

Buat Sitemap Website

Sitemap merupakan navigasi yang dimiliki oleh website dan merupakan sebuah file berisi daftar semua halaman pada website Anda. Selain itu, file ini juga bisa berisi segala informasi tentang halaman-halaman website Anda, termasuk kapan terakhir kali sebuah halaman direvisi, jumlah revisi yang dilakukan, serta jenis konten yang ada di dalamnya. Jika sebuah website tidak memiliki navigasi ibarat seseorang yang berjalan tanpa peta dan akan tersesat. Demikian Mesin pencari Google akan mengenali website dan postingan Anda melalui Sitemap yang anda buat.

Jenis – Jenis Sitemap

Ada dua jenis sitemap, yaitu sitemap HTML dan XML. Berikut Penjelasannya :

  • Sitemap HTML adalah versi yang diperuntukkan bagi pengunjung website Anda
  • Sitemap XML ditujukan untuk mesin pencarian. (Google, Bing, Yahoo, Yandex, Baidu dan sebagainya)

Sitemap XML wajib Anda miliki karena membantu Google untuk melakukan crawling terhadap halaman-halaman di website Anda.

Ini penting agar situs Anda terindeks atau muncul pada hasil pencarian Google. Apalagi jika Anda memiliki situs dengan struktur yang kompleks atau halaman-halaman yang tidak terhubung dengan baik melalui internal linking. Penjelasan tentang internal linking dapat Anda temukan pada bagian lain artikel ini.

Di samping itu, sitemap HTML juga mempengaruhi SEO secara tidak langsung karena meningkatkan user experience melalui navigasi website. Dengannya, pengunjung dapat mencari halaman-halaman yang sukar ditemukan melalui hasil pencarian Google.

Anda dapat melihat contoh Sitemap untuk Website ini disini. Bagi Anda yang tidak mau direpotkan dengan pembuatan sitemap, silahkan install Plugin WP Sitemap Page

Pasang SSL Certificate

Apa itu SSL Certificate? SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer. Ibarat sebuah rumah, SSL merupakan Petugas keamanan yang menjaga rumah Anda. SSL juga memiliki peran sebagai tembok pertahanan website dari berbagai serangan Hacker. Mesin pencari Google lebih percaya kepada Website yang memiliki sekuriti atau keamanan yang terjamin. Ciri-ciri website yang telah terpasang SSL adalah memiliki simbol ‘gembok‘ di alamat URL website tersebut.

Lihat postingan : Cara Mudah memasang SSL

Integrasikan Website Anda dengan Google Analytics

Google Analytics memberikan Anda gambaran tentang pengunjung Website Anda secara lengkap mulai dari Lokasi (Negara dan Kota pengunjung), Sumber traffic dan Konten yang dibuka oleh pengunjung. Semua informasi tersebut dapat diperoleh secara realtime.

Google Analytics

Gunakan Google Search Console

Fitur dan Laporan Google Search Console membantu mengukur traffic dan performa Penelusuran situs Anda, memperbaiki masalah, dan menjadikan situs Anda menonjol di hasil Google Penelusuran dan berada di halaman pertama google.

Search Console membantu Anda mengetahui performa website Anda di pencarian Google. Informasi yang diberikan Google Search Console adalah :

  1. Halaman mana yang terpopuler di website Anda
  2. Kinerja website Anda di perangkat mobile
  3. Link yang rusak (Broken link) pada website Anda
  4. Keamanan website (Website Security issue)
  5. Sumber dari backlink yang Anda dapatkan

Lakukan Riset Keyword untuk halaman pertama google

Keyword Planner dapat membantu Anda dalam menemukan kata kunci yang tepat serta jumlah volume pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Hal ini tentunya akan menjadi sumber traffic organik bagi Website Anda. Dalam hal ini, penulis menggunakan Keyword Planner dari Mbah Google.

Lihat Juga : Cara menggunakan Keyword Planner

Lakukan Optimasi Konten dengan Kata Kunci (Keyword)

Perlu diketahui bahwa kata kunci (keyword) sangat penting keberadaannya dalam suatu konten postingan Website. Untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal, (tampil di halaman pertama goolge) perlu ada optimasi konten dengan keyword (Kata kunci). Ada lima lokasi di mana Anda harus menggunakan keyword untuk optimasi website:

  1. Permalink
  2. Meta title
  3. Meta description
  4. Nama file dan alt text gambar
  5. 100 kata pertama dalam konten

Permalink

Permalink merupakan URL dari halaman website Anda. Link ini akan menjadi hal pertama yang diperiksa algoritma Google saat melakukan crawling Website Anda. Agar memperoleh hasil yang maksimal, permalink wajib memiliki keyword postingan Anda.

Catatan : 

  • Permalink biasanya berisi karakter acak. Contoh : websiteanda.com/blog/?a=201. Agar dapat lebih maksimal, Anda perlu mengubahnya menjadi websiteanda.com/blog/kata-kunci-postingan-anda.
  • Pastikan setiap kata dalam permalink Anda diketik dengan huruf kecil dan dipisahkan oleh tanda penghubung atau dash “-”.

Meta Title

Meta title merupakan judul yang ditampilkan pada hasil pencarian Google. Secara default, Meta Title akan mengikuti judul halaman situs atau posting blog. Oleh karenanya, Anda bisa memasukkan keyword ke dalam judul tersebut sebelum mempublikasikannya.

Meta Description

Yang dimaksud Meta description adalah teks singkat yang ada di bawah Meta Title. Meta description akan menampilkan potongan teks dari konten halaman atau posting blog jika Anda tidak menentukannya sendiri.

Untungnya, Anda dapat dengan mudah mengganti meta title dan description. Di WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO pula untuk melakukannya.

Nama File dan alt text Gambar

Keyword (Kata kunci) juga perlu disematkan dalam nama file dan alt text semua gambar yang diletakkan di halaman dan posting. Anda dapat mengganti nama file gambar sebelum mengunggahnya. Akan tetapi, alt text hanya bisa diganti setelah Anda meng-upload gambar tersebut. WordPress memudahkan Anda untuk melakukan tugas ini dengan media library-nya.

100 Kata Pertama Postingan

Jangan lupa letakkan kata kunci Anda di antara 100 kata pertama pada halaman atau posting. Ini akan meningkatkan mempermudah Google untuk menemukan website Anda ketika menyusuri internet untuk suatu keyword.

Tips Lainnya Untuk Tampil di halaman pertama Google

Selain tips yang disebutkan di atas, ada beberapa hal yang tidak boleh dianggap enteng untuk dapat muncul di halaman pertama Google, yaitu :

  • Buatlah Konten yang Lengkap dan Sesuai dengan Search Intent
  • Jangan Lupa memperhatikan Intensitas Kata Kunci Utama
  • Tetap gunakan Internal Link
  • Jangan sepelekan Inbound Link
  • Perbaiki Broken Link di Website Anda

Penutup

Demikian Postingan cara mudah website tampil di halaman pertama google. Selamat Mencoba dan semoga Sukses Bagi kita selalu.

 

Share This
Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *