4 Langkah daftar Akun Baru LTMPT untuk Sekolah


Mulai tanggal 4 Januari 2021 yang lalu, kementerian pendidikan melalui Lembaga Tinggi Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mulai membuka pendaftaran pembuatan akun bagi siswa dan sekolah, Bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) baru yang baru memiliki kelas tamatan (Kelas 3). Berikut adalah 4 langkah mudah untuk daftar akun baru LTMPT untuk dapat mengakses laman resmi Lembaga Tinggi Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Langkah 1. Akses Ke Alamat Resmi LTMPT

Silahkan Klik disini untuk dapat mengakses halaman resmi Lembaga Tinggi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) atau kunjungi website portal.ltmpt.ac.id

Lihat Juga : Cek tanggal Penting Pelaksanaan SNMPTN 2021

Langkah 2. Daftar Akun Baru LTMPT

Setelah berhasil mengakses halaman resmi LTMPT, akan tampak tampilan seperti gambar di bawah ini. Silahkan pilih ‘Daftar di sini’, Maka Anda akan di arahkan ke halaman berikutnya. (Lihat gambar berikutnya)

Langkah 3. Pilih Menu Sekolah

Untuk dapat membuat akun sekolah, langkah berikutnya, Pilihlah ‘Sekolah’. Kemudian Anda akan di arahkan ke menu pendaftaran sekolah seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Lihat Juga : Tanggal Penting dan Jadwal SNMPTN, SBMPTN dan UTBK 2021

Langkah 4. Masukkan Data Sekolah

Langkah terakhir adalah tinggal memasukkan data Sekolah yang di Minta yaitu berupa Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Pusdatin Kemendikbud (Kode Dapodik)

Penutup Cara Daftar Akun Baru LTMPT

Demikian Postingan mengenai 4 langkah mudah membuat Akun sekolah Baru yang akan digunakan untuk pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) bagi sekolah baru tahun 2021. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Catatan :

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( LTMPT) telah menetapkan tiga jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2021. Jalur masuk PTN 2021 terbagi atas 3 jenis seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Berikut ini adalah Informasi Tambahan untuk pendaftaran SNMPTN 2021

TAHAPAN PENDAFTARAN SNMPTN 2021

Berikut ini adalah tahapan pendaftaran SNMPTN Tahun 2021

  1. LTMPT mengumumkan Kuota penerimaan calon Mahasiswa yang diterima adalah tergantung pada Akreditasi Sekolah. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut : Akreditasi A memiliki kuota 40 % dari jumlah siswa paralel di kelas XII, Akreditasi B memiliki kuota 25 % dan Akreditasi C hanya memperoleh kuota 5 % dari jumlah siswa
  2. Sekolah Wajib memiliki Akun LTMPTN (Daftar disini)
  3. Siswa kelas XII wajib melakukan Registrasi Akun LTMPT
  4. Sekolah menentukan calon Peserta yang egilibel (Data Kuota yang ditetapkan oleh LTMPTN berdasarkan kriteria Akreditasi sekolah yang telah ditetapkan. Dat mengenai jumlah siswa berasal dari data yang ada di Pusdatin melalui dapodik).
  5. Mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS)
  6. Siswa mendaftar SNMPTN dengan menentukan PTN dan Prodi (Maksimal 2) dengan ketentuan bahwa salah satu program studi yang dipilih di PTN harus satu provinsi dengan Sekolah calon Mahasiswa.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *