Guru Belajar dan Berbagi Kemendikbud

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan portal baru untuk program Guru Belajar dan Berbagi dengan alamat : https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id. Guru Belajar dan Berbagi hadir sebagai tempat bertemunya guru-guru hebat dari berbagai bidang di seluruh Indonesia. Tujuan utamanya adalah agar seluruh guru bisa mengikuti ragam seri belajar serta berbagi ragam bentuk pembelajaran. Pada Portal ini, terdapat dua buah fitur yang tersedia yaitu :

  1. Ayo Guru Belajar
  2. Ayo Guru Berbagi

Guru Belajar dan Berbagi

Apa Itu Guru Belajar dan Guru Berbagi?

  • Ayo Guru Belajar merupakan gerakan dimana setiap guru bisa mengikuti program pembelajaran Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) secara daring atau online.
  • Ayo Guru Berbagi merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan. Tujuannya adalah agar setiap peserta dapat bergotong royong berbagi ide dan praktik baik melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), artikel, video pembelajaran, dan aksi webinar.

Lihat Juga : Tutorial Membuat Akun Program Guru Berbagi

Baik Ayo Guru Belajar maupun Ayo Guru Berbagi hadir sebagai fasilitas belajar dan berbagi agar anak-anak Indonesia mendapatkan pendidikan terbaik dari guru terbaik.

Tentang Guru Belajar dan Berbagi

Apa Keunggulan Program Guru Belajar?

Berikut ini beberapa keunggulan dari program guru belajar yang telah di anangkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan.

  • Lebih Fleksibel : Anda bisa mengatur sendiri waktu belajar sesuai kesibukan masing-masing.
  • Lebih Mudah : Anda lebih mudah mempelajari konten pembelajaran yang telah dipecah menjadi unit belajar yang lebih kecil.
  • Menantang : Anda bisa memilih tantangan yang sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Lebih Kolaboratif : Anda bisa belajar bersama dengan rekan guru yang lain untuk menyelesaikan semua tahapan program.

Lihat Juga : Pendidikan Guru Penggerak, Bagaimana Prosesnya?

Apa Saja Program Guru Belajar ini?

Seri Pendidikan Keterampilan Hidup 

Program pembelajaran yang dirancang bagi Guru SMP dan SMA/SMK dengan tujuan untuk membantu dan membekali para peserta didik dengan keterampilan abad ke-21. Keterampilan abad 21 ini diharapkan bermanfaat untuk masa depan murid termasuk mengembangkan kemampuan belajar dan menggali potensi diri. Seri ini adalah hasil kerjasama Kemendikbud RI dan UNICEF.

Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesionalisme dengan menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Seri Pendidikan Inklusif

Program pembelajaran yang dirancang untuk Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Lihat Juga : Pengajar Praktik Guru Penggerak

Seri Masa Pandemi Covid-19

Program pembelajaran yang dirancang untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan kondisi khusus masa pandemi COVID-19. Program ini tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar

Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Program pembelajaran yang dirancang bagi Guru dan Kepala Sekolah untuk dapat meningkatkan kompetensi berdasarkan literasi dan numerasi yang diharapkan dapat lebih mendorong perbaikan mutu pembelajaran.

Lihat Juga : infopendidikan.sebuahtutorial.com untuk informasi seputar dunia Pendidikan

 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *