Hari Guru Nasional 2021

Selamat Hari Guru Nasional 2021. Postingan ini di dedikasi kan untuk rekan Guru Seluruh Indonesia.

Tiap Tahun, Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai hari Guru Nasional. Tahun 2021 ini, hari Guru Nasional masih diwarnai dengan situasi pandemi Covid’19 yang belum sepenuhnya selesai. Semangat Hari Guru Harus tetap dijaga. Mari tetap semanangat menebarkan kebaikan bagi generasi penerus bangsa.

Arti Guru

Secara umum, Guru adalah sebuah profesi yang memiliki tugas utama mendidik dan mengajar. Guru juga sering disebut sebagai Pendidik atau pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru yang mengajar di pendidikan formal harus mempunyai semacam kualifikasi formal.

Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru. Setiap orang dapat menjadi ‘Guru‘ ketika dia mau mengajar dan memberikan pengetahuannya bagi orang lain.

Lihat Juga : Konsep Merdeka Belajar

Kode Etik Guru

Berikut ini Kode etik yang harus dipahami oleh seorang guru di Indonesia yang telah dirumuskan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

  1. Berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila.
  2. Memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional.
  3. Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan.
  4. Menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar-mengajar.
  5. Memelihara hubungan baik dengan orang tua murid dan masyarakat sekitarnya untuk membina peran serta dan rasa tanggungjawab bersama terhadap pendidikan.
  6. Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan mutu dan martabat profesi nya.
  7. Memelihara hubungan profesi, semangat kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial.
  8. Guru secara bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdian.
  9. Melaksanakan segala kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Lihat Juga : Logo Merdeka Belajar

Sejarah Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional tak lepas dari perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam mengupayakan pendidikan untuk masyarakat sejak zaman kolonial Belanda. Pada tahun 1912, terbentuklah Persatuan Guru Hindia belanda (PGHB) yang menjadi cikal bakal organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia. Hingga akhirnya pada 25 November 1945 disepakati sebagai tanggal berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang bertepatan dengan 100 hari pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia yang mana menjadi awal mula terbentuknya hari Guru Nasional. Pemerintah memutuskan HGN pada 25 November dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Sejak Saat itu, peringatan hari guru Nasional tetap dilaksanakan pada tanggal 25 November termasuk tahun ini yang akan kita peringati sebagai Hari Guru Nasional 2021.

Lihat Juga : Guru Merdeka Belajar : 4 Kunci Pengembangannya.

Hymne Guru Hari Guru Nasional

Ada hal menarik dalam proses terciptanya Hymne Guru yang selalu di nyayikan Saat upacara peringatan Hari Guru Nasional. Ternyata terciptanya lagu Hymne Guru ini berawal dari siualan seorang guru bernama Pak Sartono. Ia merupakan guru kelahiran Madiun yang menciptakan lagu Hymne Guru dan berhasil memenangkan lomba di Hari Pendidikan Nasional tahun 1980.

 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *