Hymne Guru

Artikel berikut ini memuat lirik Hymne Guru serta sejarah terciptanya lagu Hyme Guru tersebut. Mungkin sebagian dari teman-teman guru belum mengetahui sejarah terciptanya lagu Hymne Guru ini. Selamat membaca dan selamat Hari Guru Nasional Tahun 2021 untuk teman-teman guru di seluruh Indonesia

Lirik Hymne Guru

(Pencipta : Sartono)

Terpujilah Wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup
Dalam sanubariku
Semua baktimu akan ku ukir
Didalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu
Terpujilah wahai ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan ku ukir didalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu
Engkau bagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

Sejarah Hymne Guru

Ada hal menarik dari terciptanya lagu Hymne Guru. Sartono, Pencipta Lagu Hymen Guru, menciptakan lagu ini dengan bersiul sambil menorehkannya ke dalam catatan kertas. Setelah menuliskan not-not nya, Ia kemudian membuat liriknya.
Beliau merupakan seorang guru yang istimewa. Ia satu-satunya guru seni musik yang bisa membaca not balok di wilayah Madiun. Beliau diketahui mempelajari musik secara otodidak tanpa mengenyam pendidikan tinggi tentang musik.
Menurut cerita, beliau sampai menjual jas dan celana di pasar loak. Uangnya dibuat untuk beli perangko dan mengirim karyanya untuk diperlombakan. Singkat cerita, beliau berhasil memenangkan lomba menciptakan Hymne Guru di Hari Pendidikan Nasional tahun 1980. Selain ,memperoleh hadiah uang, beliau juga berkesempatan untuk studi banding ke Jepang sebagai hadiah yang diterimanya.

Sejarah Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional tak lepas dari perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam mengupayakan pendidikan untuk masyarakat sejak zaman kolonial Belanda. Pada tahun 1912, terbentuklah Persatuan Guru Hindia belanda (PGHB) yang menjadi cikal bakal organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia. Hingga akhirnya pada 25 November 1945 disepakati sebagai tanggal berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang bertepatan dengan 100 hari pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia yang mana menjadi awal mula terbentuknya hari Guru Nasional. Pemerintah memutuskan HGN pada 25 November dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.
Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *