Informasi KIP Kuliah Tahun 2021

Apa itu KIP Kuliah?

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah bagi lulusan SMA/ sederajat yang memiliki potensi akademik baik namun mempunyai kendala dibidang ekonomi. Tahun ini, calon penerima KIP Kuliah adalah calon mahasiswa yang belum diterima di perguruan tinggi untuk lulusan SMA lulusan tahun 2021, 2020 dan 2019. Pemberian KIP kuliah ini diharapkan dapat membantu para lulusan SMA untuk dapat tetap kuliah walaupun memiliki kendala dalam pendanaan kuliah.

Apa Syarat untuk mendaftar KIP kuliah?

Berikut ini persyaratan untuk dapat mendaftar program ini :

  1. Merupakan siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau alumni 2 tahun terakhir (Angkatan 2020 dan 2019)
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan.
  3. Sekolah calon penerima KIP Kuliah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  4. Memiliki potensi akademik yang baik, namun mempunyai masalah dalam hal ekonomi (bukti dokumen pendukung akan di Upload kemudian).
  5. Terdaftar sebagai penerima KIP.
  6. Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KIS).
  7. Dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditasi A atau B.

Lihat Juga : Jadwal dan Sistem SNMPTN, SBMPTN dan UTBK 2021

Bagaimana Cara mendaftarkan KIP kuliah?

Berikut ini adalah cara mendaftar KIP kuliah 2021 yang harus kamu ketahui :

Langkah 1. Akses Halaman Resmi

Jika Anda tertarik untuk mengikuti program KIP kuliah ini, silahkan akses halaman resminya disini dan Anda akan diarahkan ke halaman Log in seperti pada gambar berikut :

Daftar KIP Kuliah

Langkah 2. Klik Daftar Baru

Setelah Anda berada di halaman pendaftaran (lihat gambar di atas), kemudian klik ‘Daftar Baru‘ dan Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya (lihat gambar)

Halaman Data KIP Kuliah

Langkah 3. Isi Data

Langkah Selanjutnya adalah silahkan isi data yang diminta yaitu :

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK),
  2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Data Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan
  4. Alamat email yang aktif.

Catatan : Sebaiknya Anda menggunakan akun Gmail untuk proses pendaftaran ini, karena akun ini yang di rekomendasikan oleh Panitia dan pastikan gmail yang digunakan sudah benar agar tidak terkendala dalam pengiriman Nomor Pendaftaran dan kode akses. Pada saat pendaftaran, sistem akan memberikan informasi apakah calon penerima KIP kuliah ini layak atau tidak.

Lihat Juga : Cara membuat Akun Gmail Baru

Langkah 4. Cek Gmail yang didaftarkan

Langkah selanjutnya adalah Anda mengecek email masuk untuk memperoleh Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang akan digunakan untuk masuk ke Akun KIP kuliah. Setelah berhasil mendaftarkan akun, Anda akan diarahkan ke halaman utama untuk masuk ke akun Anda.

Langkah 5. Login dengan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses

Setelah Anda memperoleh Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang dikirim melalui gmail yang didaftar, silahkan login dan tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Akun KIP Kuliah
Langkah 6.  Menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah

Selanjutnya adalah Anda harus menyelesaikan proses pendaftaran dengan mengupdate data yang berkaitan dengan calon penerima KIP Kuliah ini. Data yang akan di selesaikan adalah :

  1. Biodata Pribadi. Anda akan diminta untukmengisi data pribadi berupa alamat, no Handphon serta diminta untuk mengupload foto pribadi.
  2. Data Keluarga. Berisi informasi dan Data keluarga berupa informasi mengenai Ayah dan Ibu. Anda akan diminta untuk mengupload photo bersama anggota keluarga.
  3. Data Ekonomi. Isikan hal – hal yang berkaitan dengan pekerjaan orang tua (Ayah dan Ibu) serta penghasilan orang tua, Cicilan Hutang dan Piutang per bulan serta tabungan keluarga. Anda akan diminta untuk mengupload dokumen pendukung data ekonomi ini.
  4. Rumah. Anda akan diminta untuk mengisi data kepemilikan, sumber listrik, daya listrik, MCK, Sumber Air, Luas Tanah, NJOB, Luas Bangunan, Bahan atap, Bahan Lantai dan Bahan Tembok. Anda juga diminta untuk mengupload gambar rumah Anda tampak dari depan dan ruang keluarga.
  5. Aset. Anda diminta untuk mengisi informasi yang berkaitan dengan Aset yang dimiliki keluarga. Datanya adalah Nama Aset, Jenisnya, Merek, Kondisi, Harga Beli dan Metode Peolehan.
  6. Prestasi. Data yang diperlukan adalah Nama Kegiatan, Jenis, Tingkat, Tahun, Pencapaian dan Aksi yang berkaitan dengan prestasi Anda tersebut.
  7. Rencana. Data ini berupa rencana tinggal, dukungan, Transportasi Asal, Transportasi Harian, Biaya Transportasi.

Lihat Juga : Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMED 2021

Apa Saja Keunggulan KIP kuliah?

Ada beberapa keunggulan yang akan diperoleh oleh penerima program ini, yaitu :

  1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi, yaitu sekitar lebih dari 400.000 orang, untuk tahun 2020. Sedangkan Bidikmisi tahun 2019 hanya sekitar 130.000 beasiswa.
  2. Jalur yang diberikan, akan lebih banyak ke jalur pendidikan Vokasi.
  3. Sudah menggunakan sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  4. Program ini dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu KIP kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.
  5. Untuk Afirmasi, pembiayaan meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik), umumnya akan diberikan pada ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T. (sumber)

Jadwal pendaftaran dan Penutupan KIP kuliah 2021

Berikut ini adalah tanggal penting  mengenai jadwal pendaftaran dan penutupan untuk tahun 2021 adalah :

  1. Pendaftaran akun KIP-Kuliah :  8 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021.
  2. Pendaftaran SNMPTN  : 14 Februari 2021 – 23 Februari 2021
  3. Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN : 22 Maret 2021
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN : 15 Maret 2021 – 1 April 2021
  5. Pelaksanaan UTBK : 12 – 18 April 2021 (Gelombang 1) dan 26 April – 2 Mei 2021 (Gelombang 2)
  6. Pengumuman Seleksi SBMPTN : 14 Juni 2021

Lihat Juga : Tanggal Penting dan Jadwal SNMPTN 2021

Penutup

Demikian informasi yang berkaitan dengan program ini. Semoga dapat memberikan pencerahan bagi para pembaca. Salam Sehat selalu.

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *