Guru Merdeka Belajar : 4 Kunci Pengembangannya.

Halo pembaca setia sebuahtutorial.com. Pada postingan ini akan dibahas mengenai Empat Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar (GMB). Kita sebagai Guru seringkali memiliki banyak tugas dan tanggung jawab baik yang terkait dengan pembelajaran dan administrasi. Guru sering mengikuti banyak pelatihan namun tidak sesuai dengan kebutuhannya. Guru yang merasa kelelahan dan merasa tidak berkembang kariernya meskipun sudah mengajar bertahun-tahun. Untuk lebih mengenai GMB ini, mari kita simak penjelasannya. Selamat membaca.

Kunci Pengembangan Guru  Merdeka Belajar (GMB)

Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar

Pencapaian cita-cita guru, oleh dirinya sendiri dengan dukungan dari pemangku kepentingan lain dalam ekosistem pendidikan, hanya akan tercapai apabila guru merdeka belajar memiliki empat kunci, yaitu :

  1. Kemerdekaan
  2. Kompetensi
  3. Kolaborasi
  4. Karier

Berikut ini masing-masing penjelasannya.

Kemerdekaan

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan menentukan tujuan,cara dan refleksi belajar untuk terus menerus melakukanpengembangan diri, seperti: terlibat dalam menetapkan target kinerjasekolah dan guru, memilih pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya,dan melakukan refleksi berkala terhadap capaian dan proses mencapai target.

Kompetensi

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan mengembangkan kompetensinya sehingga siap menghadapi tantangan pengajaran sesuai bidang studi, murid yang diajar dan relevan dengan konteksnya, seperti kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, kesempatan melakukan proyek percobaan, kesempatan mendapatkan umpan balik berkualitas dan kesempatan menilai kompetensinya.

Lihat Juga : Konsep Merdeka Belajar

Kolaborasi

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan melakukan kolaborasi dengan guru dan komunitas untuk menghasilkan karya atau mencapai tujuan bersama, seperti: kesempatan berinteraksi ke sekolah lain, kesempatan terlibat di komunitas yang relevan dan kesempatan melakukan proyek bersama.

Karier

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan untuk mengenali, memilih, merencanakan dan mengembangkan karier sesuai potensi dan aspirasinya dengan tetap mengajar di kelas, seperti kesempatan berkarya, kesempatan mengenalkan karya melalui presentasi, pameran atau di web/aplikasi dan mendapat umpan balik terhadap karyanya.

Lihat juga : Temu Pendidik Nusantara (TPN) 2021

Menjadi Guru yang Merdeka Belajar.

Jika Bapak/Ibu Guru tertarik untuk menjadi seorang guru yang merdeka belajar, Bapak/Ibu dapat mengikuti program Program Guru Belajar dan Berbagi seri GMB pada  link ini. Program ini dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya.

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri GMB adalah program yang bertujuan untuk membantu guru mendapatkan kunci pengembangan diri: kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi dan karier.

Lihat Juga : Komponen Kurikulum Sekolah Penggerak

Apa tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri GMB?

Terdapat dua tujuan pada program ini, yaitu tujuan Umum dan Tujuan Khususnya. Berikut ini penjelasaannya.

Tujuan Umum
Adapun yang menjadi tujuan umum program ini adalah mengacu pada model kompetensi guru, program GMB akan meningkatkan kompetensi, yaitu :

  1. Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri
    • Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan pendidikan.
    • Menemukan aspek kekuatan dan kelemahan sebagai guru.
    • Menetapkan tujuan dan rencana pengembangan diri.
    • Menentukan cara dan beradaptasi dalam melakukan pengembangan diri.
  2. Berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier
    • Mengikuti secara aktif berbagai kegiatan jejaring dan organisasi profesi.
    • Melakukan eksplorasi berbagai pengalaman belajar dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier.
    • Menghasilkan karya dan/atau memberikan layanan yang bermakna dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier.

Tujuan Khusus

Adapun yang menjadi tujuan khusus program ini adalah sebagai berikut :

  1. Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga peserta bisa berkembang menjadi GMB yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran.
  2. Mengenali konsep pengembangan diri GMB sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan.

Penutup

Demikian informasi yang berkaitan dengan Empat Kunci Pengembangan GMB. Semoga setiap Guru di Indonesia dapat menjadi Guru yang merdeka

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *