Logo Merdeka Belajar

Postingan ini akan menyajikan Logo Merdeka Belajar yang telah di resmikan kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemdikbud).

Kebijakan Merdeka Belajar

Kebijakan Merdeka Belajar merupakan langkah untuk transformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Sampai dengan akhir April 2021 terdapat 10 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan.  Berikut ini kebijakan yang telah diambil oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan :

  •  Empat Pokok Kebijakan Merdeka Belajar
  • Kampus Merdeka
  • Perubahan Mekanisme Dana BOS
  • Program Organisasi Penggerak
  • Guru Penggerak
  • Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi
  • Program Sekolah Penggerak
  • SMK Pusat Keunggulan
  • KIP Kuliah Merdeka
  • Perluasan Program Beasiswa LPDP
  • Kampus Merdeka Vokasi

Merdeka Belajar slogan Sekolah Cikal yang dipinjam sebagai program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim. Esensi kemerdekaan berpikir, menurut Nadiem, harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi. Nadiem menyebut, dalam kompetensi guru di level apa pun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi.

Surat Edaran Setjen Penggunaan Logo Merdeka Belajar

Logo ini telah diresmikan untuk penggunaan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Setjen Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada tanggal 27 September 2021. Berdasarkan postingan yang dikutip dari sumber, Penggunaan Logo ini dapat digunakan untuk produk – produk komunikasi kemendikburistek seperti pembuatan suvenir, media luar ruang dan penggunaan lainnya.

Lebih lanjut dalam surat Edaran tersebut menyatakan bahwa Logo ini juga dapar di duplikasi oleh publik sehingga dapat menjadi bahan kampanye untuk menyebar luaskan semangat merdeka belajar. Logo juga dapat di download di https://ringkas.kemdikbud.go.id

Lihat Juga : Guru Merdeka Belajar : 4 Kunci Pengembangannya.

Logo Merdeka Belajar

Berikut ini logo dari Merdeka Belajar yang telah secara resmi diluncurkan

Logo Merdeka Belajar

Lihat Juga : Konsep Merdeka Belajar

Pilihan warna yang telah diberikan sesuai surat edaran Sekretariat Jendral Kemdikbud adalah warna Merah, Putih dan Hitam. Berikut Kode Warna Merdeka Belajar

Kode Warna Logo Merdeka Belajar

Penutup

Demikian informasi yang berkaitan dengan logo resmi Merdeka Belajar. Semoga kita sebagai para pembaca juga dapat mengkampanyekan semangat merdeka belajar yang merupakan salah satu kebijakan strategis kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *