Pendidikan

Mekanisme Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2020

PPG Baru 2020

PPG Baru 2020

(Sumber Gambar)

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan sebuah program pendidikan setelah program pendidikan sarjana untuk mempersiapkan lulusan nya menjadi seorang guru yang profesional. Berikut ini pemaparan mekanisme Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2020.

Pengertian Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Pendidikan Profesi Guru adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. (Wikipedia).

Sejak Tahun 2005, program PPG ini menggantikan Program Akta IV. Nantinya para lulusan PPG ini akan memperoleh gelar Gr dibelakang nama karena profesi guru ini telah disetarakan dengan profesi lain seperti dokter.

Mekanisme Program PPG Model Baru 2020

Menurut Prof. Dr. Syawal Gultom, Koordinator PPG dan ketua senat Unimed, Program PPG tahun 2020 akan difokuskan pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan akan mempersiapkan model baru termasuk menyiapkan konten berbasis digital.  Lebih lanjut, Prof. Syawal menambahkan nantinya perancangan pembelajaran PPG PGSD perlu memperhatikan instrumen pembelajaran nya, RPP berfokus pada karakteristik pembelajaran berbasis HOTS (High Order Thinking Skills), dan memahami karakteristik sosio kultural pada siswa. Seorang guru SD yang baik adalah yang mampu mengintegrasikan dan menginterpretasikan sumber belajar (Matematika, PPKN, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS) secara komprehensif dan secara terpadu itulah idealnya guru SD. Hanya Guru agama dan guru olahraga yang tersendiri di SD, tapi guru kelasnya harus betul-betul tangguh untuk mengintegrasikannya dengan menguasai satu teknik yang berkaitan dengan materi itu melalui pendekatan HOTS. Sesederhana apapun konten itu bisa diterjemahkan ke dalam High order thinking, apapun bisa dibuat menjadi proses high order, bisa diterjemahkan menjadi penilaian atau evaluasi high order, bahkan bisa diterjemahkan secara komprehensif dan menarik”.

Inovasi rekrutmen dan kompetensi dosen, guru pamong dan fasilitator.

Untuk menjamin kualitas Penyelenggaraan program Pendidikan Profesi Guru (PPG), Rekrutmen dosen, guru pamong dan fasilitator akan dilaksanakan secara ketat. Lebih lanjut, Prof. Syawal mengatakan Calon dosen/instruktur PPG berasal dari dosen yang kompeten, praktisi pendidikan, yang ahli dibidangnya, yang nantinya akan ditetapkan melalui asessment standart kompetensi dan bidang keahliannya. Begitu juga calon guru pamong sebaiknya dari guru yang berprestasi yang dapat dibuktikan dengan sertifikat atau portofolionya, sehingga layak dalam membimbing mahasiswa pada kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran dan PPL.”

Keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Lebih Lanjut, Prof. Syawal mengatakan bahwa keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) sangat ditentukan oleh kualitas dosen/instruktur dan guru pamong. Seorang dosen/instruktur diharapkan menguasai advance material sesuai bidangnya serta mampu mengintegrasikan HOTS dalam aktivitas pembelajaran, mampu melatih mahasiswa mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis platform RI 4.0, membimbing mahasiswa melaksanakan PPL, membimbing mahasiswa untuk melakukan penilaian dan evaluasi pembelajaran berbasis HOTS, dan membimbing mahasiswa melakukan Continuing Professional Development.

Selanjutnya guru pamong diharapkan mampu melakukan observasi pembelajaran dengan baik, membimbing mahasiswa melaksanakan PPL, membimbing mahasiswa PPG untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan (leadership skill), dan memiliki kemampuan untuk memimpin dan membimbing refleksi bersama mahasiswa PPG. Nantinya sekolah mitra ditentukan oleh perguruan tinggi penyelenggara PPG sesuai dengan ketentuan yang berlaku.” (Sumber : www.unimed.ac.id)

Postingan Lainnya :

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *