Merdeka Belajar : Transformasi Pendidikan Indonesia

Berikut ini artikel yang berkaitan dengan Merdeka belajar sebagai salah satu Transformasi Pendidikan Indonesia. Selamat Membaca.

Transformasi Pendidikan Indonesia dimulai dari Merdeka Belajar.  Merdeka Belajar merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Nadiem menjelaskan alasan memilih kata Merdeka Belajar sebagai  digunakan sebagai filosofi perubahan dari metode pembelajaran yang terjadi selama ini. Sebab, dalam “Merdeka Belajar” terdapat kemandirian dan kemerdekaan bagi lingkungan pendidikan menentukan sendiri cara terbaik dalam proses pembelajaran.

Lihat Juga : Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak

Dalam transformasi tersebut, terdapat 10 Episode yang terdiri dari 19 program dalam rangka menerapkan Merdeka Belajar. Berikut ini penjelasannya.

Transformasi Pendidikan Indonesia

(Sumber : Kemendikbud)

Episode 1 : USBN, AN, RPP dan PPDB

Pada Episode ini terdapat beberapa kebijakan, meliputi :

Episode 2 : Kampus Merdeka

Episode ini berkaitan dengan Kampus Merdeka. Beberapa kebijakannya adalah :

  • Pembukaan Program Studi (Prodi) baru
  • Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi (PT)
  • Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berbadan hukum
  • Hak belajar tiga semester diluar program studi

Episode 3 : Dana BOS

Episode ini berkaitan dengan Penyesuaian Dana BOS. Beberapa Kebijakannya adalah :

  • Penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) langsung ke rekening sekolah
  • Penggunaan dana BOS lebih fleksibel untuk sekolah
  • Nilai satuan BOS lebih meningkat
  • Pelaporan Dana BOS lebih transparan dan akuntabel

Episode 4 : Organisasi Penggerak

Episode ini berkaitan dengan Program Organisasi Penggerak. Program Organisasi Penggerak adalah program pemberdayaan masyarakat secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Episode 5 : Guru Penggerak

Episode ini berkaitan dengan Program Guru Penggerak

Pendidikan Guru penggerak adalah salah satu program pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) yang intinya untuk meningkatkan kualifikasi seorang guru. Tujuan dari Program Guru Penggerak ini adalah Menciptakan Pemimpin Pembelajaran Yang Berpusat pada Murid. 

Episode 6 : Dana Pendidikan Tinggi

Episode ini berkaitan dengan transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi. Perguruan tinggi bertransformasi lebih dinamis dan menciptakan terobosan dan membangun iklim kompetisi untuk meningkatkan daya saing. Bersinergi dan berkolaborasi dengan BUMN dan industri, untuk mendorong prestasi lebih baik

Episode 7 : Sekolah Penggerak

Episode ini berkaitan dengan Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila dan Berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru) serta merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya.

Episode 8 : SMK Sebagai Pusat Keunggulan

Episode ini berkaitan dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai pusat keunggulan. SMK Pusat Keunggulan merupakan terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan dalam rangka pembenahan kondisi SMK saat ini, agar semakin sejalan dengan kebutuhan dunia kerja

Episode 9 : KIP Kuliah

Episode ini berkaitan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka. KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah bagi lulusan SMA/ sederajat yang memiliki potensi akademik baik namun mempunyai kendala dibidang ekonomi. Tahun ini, calon penerima KIP Kuliah adalah calon mahasiswa yang belum diterima di perguruan tinggi untuk lulusan SMA lulusan tahun 2021, 2020 dan 2019. Pemberian KIP kuliah ini diharapkan dapat membantu para lulusan SMA untuk dapat tetap kuliah walaupun memiliki kendala dalam pendanaan kuliah.

Episode 10 : Beasiswa LPDP

Episode ini berkaitan dengan perluasan Program Beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP terdiri dari tiga beasiswa. Ketiga jenis beasiswa tersebut yakni beasiswa afirmasi (difabel dan daerah 3T), beasiswa targeted (PNS, TNI, Polri, dokter, dan sebagainya), dan beasiswa umum (regular dan perguruan tinggi utama dunia). Tahun 2021 ini, Kemendikbud menambahkan enam program baru yaitu beasiswa untuk guru dan tenaga pendidik (tendik), beasiswa dosen dan tendik, beasiswa prestasi S1 dan S2, beasiswa kebudayaan, dan Kampus Merdeka.

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *