OSN SMA Tahun 2022

Artikel berikut membahas hal yang berkaitan dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA tahun 2022.

Apa itu Olimpiade Sains Naional (OSN)?

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan sebuah ajang pencarian talenta terbaik putra – putri bangsa yang diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia. Kegiatan ini dilakukan secara rutin tiap tahunnya. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains. dan juga ditujukan  untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional.

Ketentuan OSN SMA Tahun 2022

Ketentuan yang telah ditetapkan dalam pedoman (Juknis) penyelenggaraan OSN SMA tahun 2022 menyatakan bahwa Sekolah menyeleksi peserta didik berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan dalam pedoman dan mengajukan maksimal 5 peserta didik terbaik per bidang sains untuk mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K). Penanggung jawab OSN-S adalah Kepala Sekolah. kemudian Peserta OSN-K adalah peserta didik kelas VIII sampai kelas XI yang sudah lolos seleksi OSN-S, dan memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh masing-masing bidang sains.

Pelaksanaan OSN SMA Tahun 2022

Pada tahun ini OSN-P tahun 2022 mengusung dengan tema “Sains Pulihkan Negeri” , dengan mencakup bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi.

Berikut ini lini masa (timeline) Kegiatan OSN SMA tahun 2022.

lini masa osn sma tahun 2022

    • Seleksi Tingkat Sekolah (OSN-S)
      Tempat: Sekolah masing-masing
      Waktu: 23-25 Februari 2022
    • Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K)
      Tempat: Sekolah masing-masing
      Waktu: 23-25 Mei 2022
    • Seleksi Tingkat Provinsi (OSN-P)
      Tempat: Sekolah masing-masing
      Waktu: 23-26 Agustus 2022
    • Seleksi Tingkat Nasional (OSN)
      Tempat: Sekolah masing-masing
      Waktu: 3-8 Oktober 2022

*) Jika ada perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian.

Penutup

Keberhasilan penyelenggaraan seleksi Olimpiade Sains Nasional tahun 2022 ditentukan oleh semua unsur yang
terlibat dalam melaksanakan kegiatan seleksi secara tertib, teratur, disiplin, dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Dengan memahami pedoman ini diharapkan panitia dan semua pihak yang terkait dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga mencapai hasil yang optimal. Menyadari masih banyak kekurangan dalam pedoman ini, kritik dan saran kami harapkan sebagai bahan masukan bagi penyelenggaraan seleksi di tahun-tahun mendatang.

Lihat Juga : 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published.