Pelaksanaan Simulasi ANBK Tahun 2021

Berikut ini adalah postingan yang berkaitan dengan pelaksanaan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021. (Dikutip dari website resmi ANBK)

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan salah satu program kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Program ini merupakan program pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah dihapus oleh pemerintah.

Pelaksanaan Simulasi ANBK Tahun 2021.

Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) 2021 pelaksanaannya di undur pada Bulan September 2021. Dari penyampaian Pihak Pusat Asesmen dan Pengajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Sosialisasi AN tahun 2021, di Bandung, Disampaikan bawah Moda Asesmen Nasional tetap dilakukan menggunakan Berbasis Komputer dengan opsi :

  1. Moda Online Full, dari Komputer Klien Di sekolah langsung mengakses Server Kemdikbud, dan
  2. Moda Semi Online, Dengan Mode Sinkronisasi server sekolah seperti UNBK.

Selain terkait Mode AN Konsep Berbagi sarana parasarana/resource sharing dalam pelaksanaan AN juga masih terus di jalankan agar pemetaan pembelajaran di sekolah dapat di lakukan di seluruh satuan Pendidikan. Dalam Pelaksaaan AN Setiap Satuan Pendidikan dapat melaksanakan dalam 2 batch.

Lihat Juga : Kuota Internet Kemendikbud 2021

Sebelum pelaksanaan ANBK utama, pemerintah menyiapkan simulasi ANBK  tahun 2021. Berikut informasinya.

  1. Pelaksanaan simulasi ANBK akan diselenggarakan pada tanggal:
    1. Periode I : tanggal 23 s.d 26 Agustus 2021
    2. Periode II : tanggal 30 Agustus s.d 2 September 2021
  2. Simulasi ANBK diikuti oleh satuan Pendidikan Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan sederajat
  3. Simulasi hanya untuk Satuan Pendidikan yang berstatus mandiri dan mandiri yang ditumpangi dengan moda daring atau semi daring. Batas akhir data penetapan status dan moda pelaksanaan pertanggal 15 Agustus 2021 pukul 20:00 WIB
  4. Satuan Pendidikan memilih 1 (satu) hari dari jadwal tersebut dengan mengisi pada menu Data Sekolah kolom Simulasi di laman ANBK. Pemilihan jadwal simulasi akan ditutup tanggal 21 Agustus 2021 pukul 13:00 WIB
  5. Simulasi wajib dilaksanakan di satuan pendidikan diikuti oleh proktor dan teknisi. Siswa bisa mengikuti simulasi (tidak wajib).

Lihat Juga : Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021

Share This

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *