Pembaharuan EDS 2020 Covid 2019


EDS 2020 – Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP), Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis pembaharuan Aplikasi Evaluasi diri Sekolah Covid-19 Versi 2020.A.

Seperti yang dikutip dari sumbernya, Pembaruan Aplikasi ini Covid-19 Versi 2020.A dirilis dalam bentuk Patch dan Installer. Perbedaan penggunaan Patch dan Installer adalah sebagai berikut :

  • PATCH ditujukan bagi sekolah yang masih dalam proses mengerjakan Aplikasi EDS.
  • Instaler ditujukan bagi Sekolah yang sudah melakukan sinkronisasi data dari Aplikasi EDS dan sekolah yang baru akan memulai mengerjakan Aplikasi.

Pembaruan dan Perbaikan

Terdapat beberapa pembaruan dan perbaikan dalam EDS Versi 2020.A ini. Adapun Pembaharuan yang dilakukan adalah meliputi :

  • Penyesuaian aplikasi pengisian instrumen oleh SPK
  • Pembaruan aplikasi pengisian instrumen oleh SLB
  • Terdapat Pembaruan menu perhitungan Rapor Mutu
  • Pembaruan menu Pakta Integritas Kepala Sekolah

Sedangkan Perbaikan yang terdapat dalam versi ini adalah :

  • Proses restore data di beranda setelah registrasi menggunakan prefill
  • Indikator berhasil/gagal ketika proses impor hasil pengisian via aplikasi android Instrumen EDS atau offline surveys.

Berita Pembaruan dan Perbaikan EDS 2020

Berikut ini berita pembaharuan yang dihimpun dari sumber resmi PMP

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis Pembaruan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A untuk perhitungan rapor mutu tahun 2020 di satuan pendidikan serta pengumpulan data EDS dari SPK dan SLB. Untuk kelancaran proses pembaruan aplikasi, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan diantaranya sebagai berikut:

  1. Progres pengumpulan data mutu EDS per tanggal 18 Desember 2020 telah mencapai 143.501 satuan pendidikan atau 70%. Kami sampaikan apresiasi kepada satuan pendidikan, Dinas Pendidikan, serta LPMP atas partisipasi aktif dan kerjasama yang baik dalam mensukseskan program pemetaan mutu pendidikan. Pengiriman data EDS dapat dilakukan sampai dengan 31 Desember 2020.
  2. Himbauan percepatan data telah disampaikan melalui surat penyampaian progres pengiriman data EDS nomor 13400/C1/PD/2020 pada 10 Desember 2020. Bagi sekolah yang belum mengirim data akan diberikan himbauan kembali melalui SMS Broadcast kepada kepala sekolah atau operator sekolah.
  3. Melalui Pembaruan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A satuan pendidikan bisa mendapatkan hasil perhitungan Rapor Mutu tahun 2020 secara langsung di Aplikasi EDS. Rapor mutu yang ditampilkan merupakan nilai mutu satuan pendidikan berdasarkan 8 standar nasional pendidikan (SNP) yang bersumber dari jawaban instrumen dan Dapodik. Hasil perhitungan rapor mutu dan pakta integritas wajib dikirimkan oleh satuan pendidikan melalui menu sinkronisasi.
  4. Pada pembaruan ini SPK dan SLB sudah dapat memulai mengisi data melalui Aplikasi EDS Desktop serta tersedia pula akses melalui ponsel berbasis android. Khusus untuk satuan pendidikan SLB belum dapat menghitung rapor mutu. Satuan pendidikan SLB dapat fokus pada pengumpulan data melalui Aplikasi ini
  5. Panduan teknis penggunaan Aplikasi secara lengkap dapat dipelajari pada dokumen panduan yang dapat diunduh pada lampiran berita ini.

Lihat Juga : 

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *