Cara Melakukan Pendataan Asesmen Nasional 2021


Dalam rangka pelaksanaan Asesmen nasional (AN) tahun 2021, pemerintah mengadakan pendataan peserta Asesmen Nasional. Pendataan ini dilakukan oleh sekolah dengan melakukan penarikan peserta Asesmen Nasional melalui aplikasi Dapodik. Berikut ini panduan pendataan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021.

Langkah 1. Log in ke Halaman Pendataan Asesmen Nasional

silahkan login ke halaman pendataan Asesmen Nasional disini. Contoh pendataan ini adalah untuk tingkat SMP. (Lihat Gambar) Lalu masukkan Username (Nama Pengguna) dan Password (Kata Kunci) Sekolah Anda. Catatan : Untuk Tingkat SMP, Nama Penggunanya adalah PSMT_(KodeProvinsi)_(Kode Kab/Kota)_(KodeSekolah) Contoh : PSMT07010XXX (SMP yang berada di Provinsi Sumatera Utara (Kode 07) dan Kota Medan (Kode 01)

Pendataan Assesmen nasional

Lihat Juga : Apa itu Asesmen Nasional dan Prosesnya

Langkah 2. Lihat Tampilan Dasbord Asesmen Nasional

Jika login berhasil akan tampil biodata sekolah peserta Asesmen Nasional (Lihat Gambar)

Pendataan Asesmen Nasional SMP

Langkah 3. Tarik BioSMP & BIOSMA/SMK

langkah selanjutnya adalah silahkan tarik peserta Asesmen Nasional dari Dapodik. Jika berhasil, Maka akan muncul Calon Peserta Asesmen Nasional.

Peserta Asesmen Nasional adalah siswa – siswi pendidikan dasar dan menengah yang di pilih secara acak. Dalam pelaksanaan Asesmen Nasional dengan jumlah maksimal 30 orang siswa tingakat SD/MI, 45 orang siswa tingkat SMP/MTs, dan 45 orang siswa tingkat SMA/SMK/MA di satuan pendidikan.

Sementara itu, peserta asesemen nasiona untuk satuan pendidikan kesetaraan merupakan semua peserta didik yang terdaftar sebagai peserta ujian kesetaraan Paket A/Ula-Kelas 6, Paket B/Wustha-Kelas 9 serta Paket/Ulya-Kelas 12.


Pendataan BioSMP

Lihat Juga : Apa itu AKM dan Bagaimana Prosesnya

Langkah 3. Biodata Sampling

Silahkan Lihat Biodata Sampling calon peserta Asesmen Nasional (AN) untuk memastikan peserta ujian Asesmen Nasional.

Pendataan BIOSMP

Instrumen Asesmen Nasional (AN)

Terdapat tiga instrumen yang akan dinilai dalam Asesmen Nasional, yaitu:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) AKM terdiri dari literasi membaca dan numerasi.  Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan kapasitas individu, sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Selanjutnya, dalam Asesmen Kompetensi Minimun (AKM), terdapat tes Numerasi. Numerasi merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagi jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

AKM diberikan dalam bentuk soal yang akan dikerjakan oleh murid. Ada lima bentuk soal dalam AKM, yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

2. Survei Karakter Survei Karakter dikerjakan oleh murid untuk mendapatkan informasi hasil belajar sosial-emosional. Survei Karakter ini akan mengukur 6 (enam) aspek Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

3. Survei Lingkungan Belajar Survei Lingkungan Belajar dikerjakan oleh murid, guru dan kepala sekolah untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di sekolah. Survei Lingkungan Belajar mengumpulkan informasi tentang kualitas proses pembelajaran dan iklim yang menunjang pembelajaran.

Penutup

Demikian Informasi mengenai Cara melakukan Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasiona Tahun 2021. Selamat mencoba dan Semoga Pendidikan Indonesia semakin baik.

Lihat Juga : 

  1. Cara membuat Akun Pembelajaran.id
  2. Pendaftaran Webinar GTK
  3. Informasi Seleksi PPPK tahun 2021

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *