Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan

Artikel berikut akan dijelaskan hal-hal yang berkaitan dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Selamat membaca.

Apa itu Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan?

Saat ini,  masih terdapat beberapa masalah yang muncul di lapangan berkaitan dengan Kompetensi Guru. Masalah tersebut antara lain kualifikasi guru yang masih dibawah standar dan kurangnya kompetensi guru. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah melalui kemdikbud telah berupaya mencari solusi yang tepat. Salah satu program yang di laksanakan adalah Program pendidikan Profesi Guru (PPG).

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan (Daljab) merupakan salah satu program kementerian pendidikan yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas Guru-Guru yang telah mengajar di semua jenjang pendidikan baik yang mengajar di sekolah Negeri maupun Sekolah Swasta.

 Guru Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru. (sumber)

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan

Lihat Juga : PPG Dalam Jabatan 2022 : Syarat dan Jadwalnya

Di era revolusi industri 4.0, institusi pendidikan dituntut harus memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Pelaksanaan pembelajaran juga diharapkan terintegrasi dengan kompetensi yang diharapkan di era 4.0. Kompetensi tersebut meliputi kemampuan critical thinking dan problem solving, communication and colaborative skill, creativity and inovative skill, information and communication technology literacy, contextual learning skill, serta information and media literacy.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan

Program PPG Dalam Jabatan dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu. Prinsip tersebut meliputi :

  • Seleksi peserta PPG yang selektif
  • Proses pembelajaran, dan penilaian
  • Pelaksanaan uji kompetensi.

Dengan Prinsip di atas, Program PPG ini diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan berkarakter, serta cinta tanah air. Di saat d yang bersamaan, Program ini diharapkan mampu menjawab permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

PPG Dalam Jabatan juga dirancang agar mampu membekali guru dengan kemampuan problem solving, kritis, dan kreatif kepada calon guru profesional, melalui implementasi model pembelajaran dan kegiatan berbasis masalah (problem-based learning) dan proyek (project-based learning).

Lihat Juga : Informasi Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Terbaru

Tujuan Program PPG dalam Jabatan

Seperti yang dijelaskan di atas, program PPG dalam jabatan ini diharapkan dapat menjawab permasalah yang berkaitan dengan guru saat ini. Program PPG Dalam Jabatan bertujuan menghasilkan guru sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan  tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *