Pengembangan Karakter Kurikulum Prototipe

Artikel berikut membahas tentang kurikulum prototipe serta pola pengembangan karakter yang akan digunakan pada kurikulum ini. Selain itu, terdapat tema utama pembelajaran berbasis projek yang dapat dikembangkan menjadi modul bahan ajar. Selamat membaca.

Karakteristik Utama Kurikulum Prototipe

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan telah merancang Kurikulum prototipe ini agar dapat mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa. Kurikulum ini diharapkan dapat memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar.

Kurikulum prototipe memiliki beberapa karakteristik utama yang mendukung pemulihan pembelajaran. Berikut ini karakteristik utama dari kurikulum prototipe ini :

  1. Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter (iman, taqwa, dan akhlak mulia; gotong royong; kebinekaan global; kemandirian; nalar kritis; kreativitas).
  2. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  3. Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid (teach at the right level) dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Lihat Juga : Pelatihan Kurikulum Prototipe

Pengembangan Karakter Kurikulum Prototipe

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Kurikulum 2013 sudah menekankan pada pengembangan karakter, namun belum memberi porsi khusus dalam struktur kurikulumnya.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan riset teknologi (kemendibudristek) mencanangkan dalam struktur kurikulum prototipe, 20 – 30 persen jam pelajaran digunakan untuk pengembangan karakter. Pengembangan karakter pada kurikulum prototipe yang dimaksud adalah pengembangan karakter dengan Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis projek. Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah mengapa Pembelajaran berbasis projek penting untuk pengembangan karakter? Dalam pembelajaran berbasis projek sangat penting menerapkan pengembangan karekater karena:

  • Dapat memberi kesempatan untuk belajar melalui pengalaman (experiential learning)
  • Mengintegrasikan kompetensi esensial yang dipelajari peserta didik dari berbagai disiplin ilmu
  • Struktur belajar yang fleksibel

Pengembangan Karakter Kurikulum Prototipe

Lihat Juga : Kurikulum Prototipe : Apa dan Bagaimana Sistemnya

Tema Utama Pembelajaran Berbasis Projek dalam Pengembangan Karakter Kurikulum Prototipe

Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis projek yang terintegrasi dengan pendidikan karakter, Kemendikbudristek telah menyediakan 7 tema utama pengembangan karakter yang berlandaskan profil pelajar pancasila. Tema utama ini nantinya perlu dikembangkan menjadi modul dengan topik dan tujuan yang lebih spesifik agar dapat diterpakan di satuan pendidikan. Berikut ini tema- tema yang dapat dikembangkan.

  1. Bangunlah Jiwa dan Raganya
  2. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI
  3. Bhinneka Tunggal Ika
  4. Gaya Hidup Berkelanjutan
  5. Kearifan Lokal
  6. Kewirausahaan
  7. Suara Demokrasi

 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published.