Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Artikel ini berkaitan dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk dunia pendidikan. Artikel ini dihimpun dari sumbernya. Selamat membaca.

Apa itu Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)?

PPK ini merupakan kebijakan pendidikan yang dicanangkan Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Adapun tujuan utamanya adalah untuk mengimplementasikan Nawacita dalam sistem pendidikan nasional. Kebijakan PPK ini terintegrasi dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Tujuan utamanya dariGerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) ini adalah adanya perubahan cara berpikir, bersikap, dan bertindak menjadi lebih baik.

Lihat JugaProfil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak

Tujuan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Berikut ini Tujuan dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah di rumuskan secara lebih terperinci.

  1. Membangun dan membekali Peserta Didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan;
  2. Mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia;
  3. Merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi ekosistem pendidikan.

Lihat Juga : Sekolah Sebagai Sebuah Ekosistem Pendidikan

Nilai – Nilai Utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Adapun Nilai-nilai utama (Core Value) dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini adalah : (Nilai ini tertuang dalam Pasal 3 Perpres No. 87 Tahun 2017 Tentang PPK)

  • Religius,
  • Nasionalis,
  • Mandiri,
  • Gotong royong,
  • Integritas.

Catatan :

Nilai – Nilai Utama ini merupakan aktualisasi dari Pancasila sebagai Dasar Negara, 3 Pilar Grakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), Nilai Kearifan Lokal serta tantangan Masa depan

Nilai Karakter ini terlahir dari Filosofi Pendidikan Karakter dari Bapak Pendidikan Republik Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara,  yaitu Olah Hati, Olah Raga, Olah Karsa serta Olah Pikir

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Lihat Juga : Pengambilan dan Pengujian Keputusan

Nilai-nilai ini ingin ditanamkan dan dipraktikkan melalui sistem pendidikan nasional agar diketahui, dipahami, dan diterapkan di seluruh sendi kehidupan di sekolah dan di masyarakat.

PPK lahir karena kesadaran akan tantangan ke depan yang semakin kompleks dan tidak pasti, namun sekaligus melihat ada banyak harapan bagi masa depan bangsa. Hal ini menuntut lembaga pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik secara keilmuan dan kepribadian, berupa individu-individu yang kokoh dalam nilai-nilai moral, spiritual dan keilmuan.

Penutup

Demikian artikel yang berkaitan dengan PPK. Perlu digaris bawahi bahwa memahami latar belakang, urgensi, dan konsep dasar PPK menjadi sangat penting bagi kepala sekolah agar dapat menerapkannya sesuai dengan konteks pendidikan di daerah masing-masing.

Lihat Juga : Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *