Guru ASN PPPK TAHUN 2021 : Pengumuman Hasil Ujian Seleksi Pertama

Halo Para sahabat, berikut ini informasi berkaitan dengan pengumuman  hasil Ujian Seleksi pertama Guru ASN PPPK Tahun 2021. Selamat membaca.

Komitmen Pemerintah dalam meningkatkan Kesejahteraan Guru Honorer

Pemerintah berkomitmen meningkatkan kesejahteraan guru honorer pada sekolah negeri melalui seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Berikut ini kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan Guru Honorer di Sekolah Negeri

Peningkatan kesejahteraan dan perlindungan guru

Langkah strategis yang ditempuh dalam meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan adalah

  • Rekrutmen guru honorer menjadi PPPK akan memperjelas status kepegawaian guru sebagai Aparatur Sipil Negara, dan meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan guru.
  • Rekrutmen guru honorer menjadi PPPK merupakan upaya mengangkat derajat guru karena profesi guru adalah profesi yang mulia dan terhormat

Kesempatan guru untuk meningkatkan kompetensi

  • Guru honorer yang diangkat sebagai guru PPPK akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengikuti program-program peningkatan kompetensi.
  • Peningkatan kompetensi guru sangat penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran yang diterima oleh pelajar-pelajar Indonesia.

Lihat JugaInformasi Surat Edaran Palsu Pengangkatan Honorer

Formasi Pengangkatan Guru ASN Jalur PPPK

Pada tahun 2021, dari 1.002.616 formasi guru ASN yang disediakan Pemerintah Pusat, hanya 506.252 yang diajukan oleh Pemerintah Daerah, dan hanya 322.665 yang mendapatkan pelamar di ujian pertama

Formasi ASN PPPK tahun 2021

 

Kebijakan Afirmasi untuk ASN PPPK tahun 2021

Pemerintah memberlakukan kebijakan afirmasi serta kebijakan penyesuaian nilai ambang batas sebagai bentuk keberpihakan terhadap para guru honorer di Sekolah – sekolah Negeri.

1. Kebijakan Afirmasi

Berikut ini kebijakan afirmasi yang diberikan pemerintah bagi para pelamar Guru ASN dari jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

  • Jika Memiliki Sertifikat Pendidik (Serdik) maka akan mendapatkan nilai tambah 100% dari nilai maksimal kempetensi teknis.
  • Jika Para pelamar yang berasal dari guru Honore telah berusia diatas 35 Tahun, maka akan mendapat tambahan nilai sebesar 15% ari nilai maksimal kempetensi teknis.
  • Pelamar yang menyandang status penyandang disabilitas, maka akan mendapatkan 10% ari nilai maksimal kempetensi teknis.
  • Jika Pelamar merupakan Guru Honorer THK-II, maka akan mendapatkan 10 % ari nilai maksimal kempetensi teknis.

2. Kebijakan Penyesuaan Nilai Ambang Batas

Berikut ini beberapa kebijakan terkait penyesuaian Nilai ambang batas.

  • Jika pelamar berusia di atas 50 tahun, maka akan mendapatkan 100 % dari nilai maksimum kompetensi teknis dan 10 % dari nilai maksimal manajerial sosiokultural dan wawancara
  • Untuk semua peserta seleksi akan mendapatkan 10% dari nilai maksimal kompetensi teknis

 

Kebijakan Afirmasi ASN PPPK 2021

 

Kesempatan Seleksi ASN PPPK 2021

Pada tahun 2021, pemerintah memberikan tiga kali kesempatan ujian untuk guru honorer. Jika pada ujian pertama, pelamar tidak lulus formasi, maka Ia akan berkesempatan untuk mengikuti ujian kedua dengan memilih kembali formasi yang dituju dan seterusnya hingga tiga kali ujian untuk tahun 2021 ini.

Format penerimaan ASN PPPK

Penutup

Demikian informasi yang berkaitan dengan penerimaan Guru Honorer untuk jalur ASN (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) PPPK tahun 2021. Semoga dapat memberikan informasi bagi para pembaca setia.

(Sumber)

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *