Penugasan Kepsek Sekolah Indonesia di Luar Negeri

Pada artikel berikut berisi informasi yang berkaitan dengan Mekanisme Pengangkatan Guru Sebagai Kepala Sekolah (Kepsek) Pada Sekolah Indonesia Di Luar Negeri (SILN). Selamat Membaca.

Syarat Kepala Sekolah Pada Sekolah Indonesia Di Luar Negeri (SILN)

Seorang Guru dapat diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah (Kepsek). Penugasan guru sebagai seorang kepala sekolah berlaku baik di sekolah Negeri maupun Sekolah Swasta. Semua mekanisme Pengangkatannya telah di atur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 20 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. Dalam permendikbud No 20 Tahun 2021 tersebut juga mengatur mekanisme penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pada Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Berikut ini syarat-syarat nya.

  • Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Memiliki jabatan sebagai jabatan fungsional Guru
  • Memiliki pengalaman sebagai Kepala Sekolah paling singkat 4 (empat) tahun berturut-turut
  • Menguasai bahasa Inggris dan/atau bahasa asing secara lisan dan tulisan sesuai negara yang bersangkutan akan bertugas
  • Memiliki wawasan seni dan budaya Indonesia
  • Mampu mempromosikan seni dan budaya Indonesia
  • Mendapatkan surat persetujuan dari pejabat pembina kepegawaian atau pejabat yang berwenang.

Lihat Juga : Syarat Menjadi Kepsek : Ada Sertifikat Guru Penggerak

Seleksi calon Kepala Sekolah pada Sekolah Indonesia Di Luar Negeri (SILN)

Berikut ini proses seleksi calon kepala sekolah Pada sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) :

  1. Seleksi administrasi
  2. Ujian tertulis
  3. Wawancara.

Seleksi calon Kepala Sekolah pada SILN dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang luar negeri bagi calon Kepala Sekolah pada SILN yang telah mengikuti proses pendaftaran. Lebih lanjut, dalam permendikbud tersebut dijelaskan bahwa Pengangkatan dan penempatan Kepala Sekolah pada SILN dilaksanakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang luar negeri.

Lihat Juga : Beban Kerja Kepala Sekolah Pada Satuan Pendidikan

Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah SILN

Berikut ini beberapa point penting yang berkaitan dengan penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pada sekolah Indonesia di Luar negeri (SILN)

  • Penugasan Kepala Sekolah pada SILN paling lama 3 (tiga) tahun.
  • Masa penugasan Kepala Sekolah pada SILN  berdasarkan hasil penilaian kinerja setiap tahun paling rendah dengan sebutan Baik untuk setiap unsur penilaian.
  • Dalam hal hasil setiap unsur penilaian kinerja paling rendah dengan sebutan Baik tidak terpenuhi, Kepala Sekolah pada SILN yang bersangkutan diberhentikan sebagai Kepala Sekolah pada SILN dan dikembalikan kepada Kementerian.
  • Dalam hal jangka waktu penempatan Kepala Sekolah pada SILN akan berakhir, kepala perwakilan di wilayah negara penerima atau wilayah kerja atau organisasi internasional mengajukan usulan Kepala Sekolah pada SILN pengganti kepada Kementerian dan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang luar negeri paling lambat 6 (enam) bulan sebelum jangka waktu penempatan Kepala Sekolah pada SILN yang digantikan berakhir.
  • Setelah masa penugasan 3 (tiga) tahun Kepala Sekolah pada SILN dapat diperpanjang paling lama 3 (tiga) tahun berdasarkan persetujuan Kementerian atas usulan kepala perwakilan di wilayah negara penerima atau wilayah kerja atau organisasi internasional.
Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *