Pendidikan

Museum Nasional Indonesia Virtual

Koleksi Museum Nasional Indonesia

Pengantar

Indonesia terdapat banyak sekali museum baik yang bersifat kedaerahan maupun museum khusus seperti museum koleksi pribadi seperti Museum TB Silalahi Center di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. (Lihat : https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_T._B._Silalahi_Center) tetapi dari sekian banyak museum yang ada di Indonesia, tidak semua yang menyediakan fasilitas perjalanan secara virtual atau pun secara digital. Walaupun demikian, masih ada satu museum yang memiliki teknologi secara virtual adalah Museum Nasional yang ada di Jakarta. Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, adalah sebuah museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang terletak di Jakarta Pusat dan persis nya di Jalan Merdeka Barat 12. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Nasional_Indonesia.)


LMelakukan Perjalanan Virtual Ke Museum Nasional Indonesia

Berikut ini tutorial Perjalanan Virtual Ke museum nasional Indonesia:

Menuju Halaman Website

Untuk dapat menjelajah ke museum nasional Indonesia ini anda dapat mengakses halaman websitehttps://artsandculture.google.com/partner/museum-nasional-indonesia. 

Mulai Melakukan Perjalanan

Setelah membuka halaman website di atas, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini dan mulailah mengakses koleksi museum. Klik JELAJAHI

Halaman Museum Nasional Indonesia

 

Gunakan Navigasi Untuk menjelajah Museum

Museum ini terdiri atas 3 lantai. Gunakan navigasi seperti gambar di bawah ini dan mulailah menjelajah museum secara virtual dengan bantuan navigasi yang tersedia.

Halaman Museum Nasional Indonesia

 

Mengumpulkan Koleksi Museum

berikut ini beberapa koleksi yang terdapat di museum tersebut  : (Definisi dari gambar berikut dikutip dari beberapa sumber termasuk wikipedia).

1. Nekara 

Neraka adalah gendang perunggu berbentuk seperti dandang berpinggang pada bagian tengahnya dengan selaput suara berupa logam atau perunggu.

Koleksi Museum Nasional Indonesia

 

2. Kapak Genggam

Kapak genggam adalah sebuah batu yang mirip dengan kapak, tetapi tidak bertangkai dan cara mempergunakannya dengan cara menggenggam.

Koleksi Museum Nasional Indonesia

 

3. Kapak Corong

Kapak corong adalah suatu peralatan yang terbuat dari perunggu yang memiliki bagian tengah yang berongga dan fungsinya untuk menempatkan gagang.

Koleksi Museum Nasional Indonesia

 

4. Gerabah

Gerabah adalah salah satu hasil kerajinan tangan dimana berbahan dasar tanah liat, pasir dan di bentuk menggunakan tangan.

Koleksi Museum Nasional Indonesia

 


5. Patung Masnjuri

Koleksi Museum Nasional Indonesia

 

6. Patung Ganesha

Ganeshaadalahsalah satu Dewa yang terkenal dan banyak dipuja oleh agama Hindu. Ganesha juga dikenal sebagai Dewa Pengetahuan dan Kecerdasan, Dewa Pelindung, Dewa Penolak Bala/Bencana dan Dewa Kebijaksanaan.

Koleksi Museum Nasional Indonesia

 


Kesimpulan

Demikian tutorial untuk melakukan perjalanan virtual ke Museum Nasional Indonesia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Lihat Postingan Lainnya :

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *