UTBK Tahun 2021 : Hal yang Harus Kamu ketahui

Postingan ini berisi tentang UTBK tahun 2021 dan hal yang harus kamu ketahui. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Oleh karena itu, informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tidak terpisah dari SBMPTN.

Jumlah Peserta Ujian Tahun 2021

Pendaftaran Seleksi Bersama Penerimaan Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 telah ditutup kemarin, 1 April 2021. Seperti yang dihimpun dari Instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Jumlah pendaftar terhitung tanggal 31 maret 2021 pukul 09.00 WIB adalah 727.045 orang siswa. Dari jumlah tersebut 99,30 % telah simpan permanen, sisanya masih belum simpan permanen data.

Sistem Pelaksanaan UTBK Tahun 2021

Pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) 2021 dilaksanakan dalam 2 (dua) gelombang, yaitu :

  • Gelombang 1 : Tanggal 12 – 18 April 2021
  • Gelombang 2 : Tanggal 26 April – 2 Mei 2021

Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021 dapat dilihat pada tanggal 14 Juni 2021 di portal ltmpt.ac.id

Lihat Juga : Jadwal dan Sistem SNMPTN, SBMPTN dan UTBK 2021

Dokumen yang harus disiapkan

Untuk dicatat setiap peserta UTBK Tahun 2021 ini adalah dokumen pendukung yang harus dipersiapkan dan dibawa pada saat pelaksanaan Ujian adalah sebagai berikut :

  1. Kartu Tanda Peserta UTBK 2021 serta identitas lain seperti Kartu Tanda Penduduk (KTM) atau Surat Izin Mengemudi (SIM)
  2. Fotocopy Izajah (untuk lulusan tahun 2019 dan 2020) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk angkatan 2021

Lihat Juga : Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK Tahun 2021

Hal yang harus diperhatikan dalam UTBK Tahun 2021

Berikut ini hal – hal yang harus diperhatikan oleh peserta Ujian Tes Berbasi Komputer Tahun 2021 :

  • Mencari informasi lokasi tes dengan melihat lokasi pada web pusat UTBK PTN. Tidak dianjurkan untuk melihat lokasi ujian untuk menghindari kerumunan yang berlebihan.
  • Membuat prakiraan waktu tempuh dan tempat tinggal atau lokasi asal peserta ke lokasi ujian. Hal ini untuk menghindari keterlambatan peserta UTBK.
  • Membawa dokumen yang diperlukan untuk verifikasi peserta (lihat dokumennya di atas)
  • Membawa masker, Hand Sanitizer, Face shield dan sarung tangan dan selalu menjaga jarak. Hal ini sangat dianjurkan karena sitasi saat ini masih belum lepas dari masa pandemi covid 19
  • Tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) selama pelaksanaan UTBK Tahun 2021 agar dapat menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.
  • Melakukan pengukuran suhu badan (Suhu tubuh diatas 37 derajat tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian). Jika peserta mengalami keluhan (sakit) segera melapor ke Panitia di lokasi ujian.

Lihat Juga : Tes Potensi Skolastik (TPS) Ujian Tes Berbasis Komputer Tahun 2021

Hal yang tidak dibenarkan Saat pelasanaan UTBK tahun 2021

Berikut ini hal – hal yang tidak dibenarkan dilakukan oleh peseta Ujian Tes Berbasi Komputer (UTBK) Tahun 2021.

  • Tidak melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes), antara lain : tidak membawa masker, atau berkerumun (tidak antri) saat memasuki ruang ujian
  • Berbicara dengan peserta lain. Hal ini sangat dilarang saat pelaksanaan UTBK
  • Keluar Ruang Ujian selama Ujian berlangsung
  • Bertanya mengenai materi soal yang sedang di ujiakan kepada panitia (pengawas ujian)

Daftar Kegiatan UTBK 2021

Penutup

Demikian informasi berkaitan dengan hal-hal yang harus diperhatikan peserta ujian UTBK tahun 2021 ini. Semoga kamu dapat lulus di ujian ini dan menjadi mahasiswa di Universitas impian mu.

Share This
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *