Platform Merdeka Mengajar

Pada artikel berikut akan dibahas berkaitan dengan Platform Merdeka Mengajar. Selamat Membaca.

Di era digital saat ini, guru juga dituntut dapat melek teknologi. Hal ini untuk memudahkan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dan dapat lebih interaktif. Untuk Kemendikbud, meluncurkan sebuah platform merdeka mengajar yang diluncurkan pada Merdeka Belajar Episode Kelima Belas pada Jumat, 11 Februari 2022.

Apa Itu Platform Merdeka Mengajar?

Platform Merdeka Mengajar  merupakan platform edukasi yang di dalamnya terdapat tiga fungsi utama, yaitu membantu guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya. Platform Merdeka Mengajar diharapkan dapat menciptakan ekosistem pembelajaran yang kolaboratif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan iklim kerja yang positif.

Lihat Juga : Konsep Merdeka Belajar

Tujuan diluncurkan Platform Merdeka Belajar

Seperti yang dikutip dari laman resminya, Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Yaswardi mengatakan bahwa Platform Merdeka Mengajar ini bertujuan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawatnya. Lebih lanjut Yaswari mengatakan bahwa Platform Merdeka Mengajar akan memudahkan guru untuk melaksanakan aktivitas mengajar karena sekarang ini implementasi Kurikulum Merdeka yang betul-betul berorientasi kepada murid.

“Produk-produk unggulan ini bisa mengantarkan guru menjadi lebih profesional, bisa membagi informasinya dan praktis-praktisnya dengan tujuan akhirnya mengajarkan anak dengan pembelajaran yang joyful dan meaningful. Ini adalah tujuan besar bagaimana pembelajaran ini berorientasi kepada murid,” imbuh Yaswardi.

Lihat Juga : Guru Merdeka Belajar : 4 Kunci Pengembangannya.

Produk dalam Platform Merdeka Mengajar

Kemendikbudristek telah meluncurkan empat produk yang terdapat pada Platform ini, antara lain :

  1. Asesmen Murid,
  2. Perangkat Ajar,
  3. Pelatihan Mandiri, dan
  4. Bukti Karya Saya.

Berikut ini penjelasannya:

  1. Produk Asesmen Murid berisi beragam paket soal yang ada dapat dibagikan secara dalam jaringan atau luar jaringan. Di samping itu, tersedia juga fitur pemeriksaan otomatis dan analisis yang mendalam.
  2. Perangkat Ajar mencakup inspirasi materi untuk mengajar yang terdiri dari modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran, modul projek, dan bahan lainnya.
  3. Pelatihan Mandiri. Didalamnya terdapat program pelatihan yang dibuat oleh para ahli dan terdiri dari beragam topik dan materi singkat yang relevan serta praktikal sehingga dapat dipelajari di mana pun dan kapan pun.
  4. Dalam Bukti Karya Saya, didalamnya terdapat kumpulan rekam jejak yang menggambarkan kinerja serta kompetensi yang dapat dibagikan ke rekan sejawat agar dapat saling menginspirasi maupun bertukar pikiran.

Lihat Juga : Merdeka Belajar : Transformasi Pendidikan Indonesia

Bagaimana cara mendapatkan Platform ini?

Pengembang Platform Wulan Mantik mengatakan bahwa desain dari Platform ini mudah diakses dan diadaptasi. “Kami selalu berusaha untuk memahami kebutuhan guru. Dalam aplikasi ini guru-guru dapat mengakses apapun dengan mudah kapan pun dan di mana pun,” ujar Wulan. Jika rekan-rekan guru ingin menggunakan platform ini, Anda dapat dapat mengunduhnya melalui aplikasi Playstore, selanjutnya login dengan akun belajar.id yang diperoleh dari operator sekolah masing-masing. Semua guru yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dapat mengakses platform ini. Berikut ini tampilan dari Platform ini. Mimin sudah mencoba platform ini bagi rekan guru lain diseluruh Tanah Air, selamat mencoba ya.

Aplikasi Merdeka Mengajar

 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *