Program Sekolah Yang Berdampak Pada Murid

Artikel ini membahas tentang tugas seorang Calon Guru Penggerak (CGP) yaitu menyusun program yang berdampak pada murid. Salam Guru Penggerak.

Apa itu Program Guru Penggerak?

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Tujuan Guru Penggerak

Salah satu tujuan dari Program Guru Penggerak adalah menciptakan guru penggerak yang dapat:

  • Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri.
  • Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik.
  • Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua.
  • Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid.
  • Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.

Lihat Juga : Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

Menyusun Program Sekolah yang berdampak Pada Murid

Menyusun Program Sekolah yang berdampak Pada Murid merupakan salah satu dari serangkaian tugas yang akan di rancang Calon Guru Penggerak pada Pendidikan Calon Guru Penggerak. Beberapa poin dari penugasan tersebuta adalag sebagai berikut :

  • Calon Guru penggerak diminta menyusun rencana kerja program 1 (satu) tahun yang akan dilaksanakan dengan memperhatikan visi dan misi sekolah yang berdampak pada murid.
  • Pada penyusunan program yang dituangkan dalam rencana kerja, Calon Guru Penggerak harus mengikuti prinsip ‘SMART’. Tujuannya adalah agar program ini dapat dilaksanakan di satuan pendidikan CGP masing masing dan diharapkan akan membawa perubahan.
  • Program yang dirancang juga diharapkan menjadikan murid memiliki kualitas pembelajaran yang baik sesuai visi dan misi program sekolah yang berdampak kepada murid.
  • Rencana Kerja yang disusun oleh CGP akan menggambarkan tujuan program, kegiatan yang dilakuka, sumber daya yang dibutuhkan, peserta yang akan terlibat, Indikator keberhasilan serta tenggang waktu pelaksanaan.

Lihat Juga : Mars Guru Penggerak Oleh KBGP

Berikut ini perincian dari penugasan tersebut.

Program sekolah yang berdampak pada murid

(Sumber)

Lihat Juga : 

 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *