Seleksi Mandiri Dengan KIP Kuliah

Berikut ini informasi yang berkaitan dengan seleksi mandiri dengan menggunakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Selamat membaca.

Bagi Anda yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) namun belum berhasil pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021 ini. Jangan Putus asa. Direktur Jendral Pendidikan Dikti (Dirjen Dikti) Nizam mengajak peserta UTBK SBMPTN 2021 kelompok KIP Kuliah yang belum lolos untuk tidak ragu untuk mengikuti seleksi mandiri (SM) di perguruan tinggi dan mendaftar di prodi sesuai minatnya.

Lihat Juga : Seleksi Mandiri Unimed Tahun 2021

Pembiayan KIP- Kuliah di sesuaikan dengan Prodi

Pembiayaan KIP-Kuliah tahun ini disesuaikan proporsional sesuai prodi dan indeks harga di daerah kampus. Berikut iniformasinya Seperti yang dikutip dari detik.com

Menurut Nizam, Pembiayaan KIP-Kuliah sudah proporsional sesuai (biaya kuliah di sebuah) prodi dan kemahalan (biaya) di daerahnya. Penerima penerima KIP-Kuliah bisa daftar di mana pun sesuai keinginan dan cita-citanya. Jangan khawatir mendaftar di mana pun. Selama yakin bisa masuk PTN, adik-adik akan dapat kesempatan yang sama dengan peserta yang tidak dengan KIP Kuliah”. kata Nizam dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil SBMPTN 2021 via Youtube, Senin (14/6).

Jumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan skema Seleksi Mandiri 2021

Menurut Ketua Lembaga Tinggi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), Mohamad Nasih, Tahun 2021 ini terdapat 80 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2021 sebagai salah satu nilai atau skema di seleksi mandiri. Lebih kanjut, beliau mengatakan bahwa peserta SBMPTN bisa menggunakan nilai UTBK untuk mendaftar seleksi mandiri di sejumlah PTN.

Lihat Juga : Informasi KIP Kuliah Tahun 2021

Jadwal KIP Kuliah Untuk Seleksi Mandiri

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari halaman resminya https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ berikut adalah jadwal KIP-Kuliah untuk Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

  1. Seleksi mandiri PTN : 7 Juni – 3 Oktober 2021
  2. Seleksi mandiri PTS : 21 Juni – 31 Oktober 2021

Langkah – Langkah Pendaftaran Jalur Mandiri dengan KIP Kuliah

Pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mendaftarkan secara mandiri dan didaftarkan oleh universitas. Berikut adalah cara pendaftaran secara mandiri KIP Kuliah:

  1. Masuk ke laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps berbasis android.
  2. Setelah berhasil masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email yang aktif.
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Selanjutnya sistem KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Siswa masuk ke dalam SIM KIP Kuliah dengan nomor pendaftaran dan kode akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah
  6. Calon Peserta kemudian memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/ Mandiri).
  7. Menyelesaikan proses pendaftaran sesuai seleksi masuk yang dipilih.
  8. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *