Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK Tahun 2021

Apa itu Tes Potensi Skolastik?

Tes potensi skolastik merupakan salah satu bagian tes yang akan dilaksanakan bagi calon mahasiswa baru yang mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK). Tujuannya adalah mengukur kemampuan dasar atau kemampuan kognitif calon mahasiswa baru. UTBK itu sendiri merupakan salah satu tes yang digunakan oleh perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menyeleksi mahasiswa barunya dengan Pola Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dalam UTBK ini, semua calon mahasiswa baru akan mengikuti 2 jenis tes yaitu Tes Potensi Skolasitik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA). Dalam artikel ini akan dijelaskan khusus yang berkaitan dengan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Lihat Juga : UTBK 2021 – Informasi UTBK 2021

Materi Tes Potensi Skolastik UTBK Tahun 2021

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam UTBK bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar atau menguji kemampuan kognitif para calon mahasiswa baru. Untuk itu TPS di design dengan memuat materi yang menguji tingkat pemahaman peserta ujian.  Adapun  Materi Tes Potensi Skolastik UTBK Tahun 2021 ini adalah :

  • Penalaran Umum,
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis,
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum,
  • Pengetahuan Kuantitatif.

Catatan : Khusus untuk materi Tes Potensi Skolastik, materi UTBK Saintek dan Soshum tidak berbeda.

1. Soal TPS UTBK: Penalaran Umum

  • Soal-soal  Tes Potensi Skolastik UTBK Penalaran Umum terdiri dari dua teks bacaan, 14 soal tentang teks, dan 6 soal penalaran kuantitatif.
  • Alokasi waktu untuk soal TPS Penalaran Umum ialah 35 menit.

Contoh soal TPS UTBK Penalaran Umum:

Tiga tahun berturut-turut, pola panen padi Januari-Desember 2015 relatif sama dengan pola panen padi yang terjadi pada 2014 dan 2013. Puncak panen padi terjadi setiap Maret. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada saat puncaknya di bulan Maret 2015 lalu, luas panen padi di Indonesia mencapai 2,34 juta hektare.

Seperti dimuat dalam Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi September 2016, total luas panen padi di Indonesia pada 2015 mencapai 14,1 juta hektare. Angka ini mengalami peningkatan 2,31 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 13,8 juta hektare. Sedangkan untuk produktivitas panen padi pada 2015 tercatat sebesar 2,06 kuintal per hektare. Selain melaporkan luas panen tahunan yang meningkat, BPS juga mencatat produksi padi pada 2015 lalu mencapai 75,40 juta ton Gabah Kering Giling (GKG) atau naik 4,55 juta ton (6,42 persen) dibandingkan periode panen 2014. Peningkatan produksi padi terjadi di Pulau Jawa sebanyak 2,31 juta ton, dan di luar Pulau Jawa sebanyak 2,24 juta ton. Data luas panen padi pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 sesuai dengan gambar.

Berdasarkan teks di atas, berapakah jumlah total luas panen padi pada tahun 2014….

A. 14,1 juta hektare

B. 14,0 juta hektare

C. 13,8 juta hektare

D. 13,7 juta hektare

E. 13,6 juta hektare

Jawaban :  C. 13,8 juta hektare

Catatan : Tips menghadapi soal TPS UTBK Penalaran Umum adalah :

  1. Baca teks secara cepat dan cermat,
  2. Teliti menganalisis tabel/ diagram/ grafik,
  3. Jeli dengan soal-soal kuantitatif, dan
  4. Pahami konsep soal.

Lihat Juga : Jadwal dan Sistem SNMPTN, SBMPTN dan UTBK 2021

2. Soal TPS UTBK: Pemahaman Bacaan dan Menulis

  • Soal – Soal Tes Potensi Skolastik UTBK Pemahaman Bacaan dan Menulis terdiri dari tiga teks bacaan dan 20 soal seputar teks.
  • Alokasi waktu untuk soal TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis ialah 25 menit.

Contoh soal TPS UTBK Penalaran Umum:

(1) Banjir rob yang terjadi selama 20 tahun terakhir telah […] dua dusun di Demak, Jawa Tengah, membuat lebih dari 200 kepala keluarga terpaksa pindah. (2) Namun keluarga Pasijah memutuskan bertahan. (3) Perempuan paruh baya yang akrab disapa Pasijah itu mengayuhi dayung sampan yang selama beberapa tahun terakhir dipakainya untuk bepergian. (4) Air laut yang mengepung rumah membuatnya harus menggunakan sampan kemanapun, […] ketika sekadar harus ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari, serta mengantar anaknya ke sekolah. (5) Keluarga Pasijah adalah satu-satunya keluarga yang bertahan di Dusun Rejosari Senik, Desa Bedono, Demak, Jawa Tengah.

Kalimat yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) adalah….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

Jawaban : D. 4. Partikel pun ditulis terpisah pada kata “apa pun” dan “kemana pun”. Partikel pun harus ditulis serangkai pada kata yang dianggap padu seperti sekalipun, kendatipun, dan biarpun.*)

Catatan : Tips menghadapi soal TPS UTBK Pemahaman Bacaan dan Menulis adalah:

  1. Pahami inti paragraf, pesan tersirat, dan kesimpulan teks. Berikutnya,
  2. Baca dengan cepat dan cermat.
  3. Pelajari KKBI dan PUEBI.

 

3. Soal TPS UTBK: Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  • Soal – Soal Tes Potensi Skolastik UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum terdiri dari tiga teks bacaan Bahasa Indonesia yang diikuti dengan 12 soal dan dua teks bacaan Bahasa Inggris yang diikuti dengan 8 soal.
  • Alokasi waktu untuk soal TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis ialah 25 menit.

Contoh soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum:

BI menyatakan sejalan dengan  penurunan tersebut, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan I-2020 tercatat lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya. Meskipun demikian, kondisi keuangan dunia usaha dari aspek likuiditas dan rentabilitas masih cukup baik dengan akses terhadap kredit perbankan yang relatif normal.

Maksud kata kapasitas dalam teks tersebut adalah….

A. muatan

B. keahlian

C. keterampilan

D. jumlah

E. kemampuan

Jawaban : E. Dalam KBBI, kapasitas berarti daya/ kemampuan. Berdasarkan pilihan jawaban, maksud kata kapasitas yang sesuai dengan teks tersebut yakni kemampuan.

Tips Mengerjakan Tipe Soal ini adalah :

  1. Banyak-banyak baca untuk memperluas wawasan dan
  2. Familiar dengan penggunaan EYD. Dan seperti contoh soal UTBK ini
  3. Kuasai idiom, antonim, serta sinonim.

Lihat Juga : Informasi KIP Kuliah Tahun 2021

4. Soal TPS UTBK: Pengetahuan Kuantitatif

  • Soal – soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif terdiri dari 20 soal dengan
  • Alokasi waktu  yang di sediakan dalam menyelesaikan soal tipe ini adalah 25 menit.

Contoh soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif:

Soal UTBK 2021

Maka Jawaban yang benar adalah A.

Catatan : Trik menguasai soal Tes Potensi Skolastik UTBK Pengetahuan Kuantitatif adalah dengan banyak-banyak belajar dan berlatih, soal khususnya terutama materi

  1. Aljabar
  2. Logika
  3. Peluang
  4. Statistika
  5. Geometri.

 

Sumber 

Share This

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *