Top Level Domain (TLD) : Apa Saja Jenisnya?

Top Level Domain (TLD). Pada artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis Top Level Domain yang sering kita lihat di dunia maya serta penjelasan dan kegunaan dari Top Level Domain, hierarki nama domain dan tentang ekstensi dari Domain Tingkat Teratas yang paling umum digunakan.

Apa itu Top Level Domain (TLD)?

Top Level Domain (TLD) merupakan segmen terakhir dari nama domain yang dimiliki oleh sebuah website. TLD lebih dikenal dengan istilah akhiran suatu domain yang mengikuti  tanda ‘titik’ terakhir di URL sebuah Website. Sebagai contoh, website ini menggunakan domain dengan ekstensi .com (sebuahtutorial.com). Berikut artikel jenis top level domain.

Apa itu TLD(sumber gambar)

Apa saja jenis-jenis TLD?

Terdapat tiga buah jenis Top Level Domain, Mulai dari General TLD, Creative TLD dan Restricted TLD. Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai jenis dan contoh dari  Top Level Domain yang paling umum digunakan di berbagai URL yang ada.

1. General Top Level Domain

Berikut ini jenis- jenis General Top Level Domain :

  • .com merupakan singkatan dari commercial. Domain ini biasanya digunakan untuk berbagai tujuan dan yang paling umum di jumpai sebagai TLD berbagai Website. Namun, pada umumnya domain ini sebagian besar digunakan untuk website bisnis online. https://www.google.com dan Yahoo.com merupakan contoh website yang menggunakan domain ini.
  • .edu merupakan singkatan dari education yang artinya pendidikan. domain ini biasa digunakan untuk sebuah lembaga pendidikan. Cambride.edu merupakan salah satu contoh website yang menggunakan domain ini.
  • .sch merupakan singkatan dari school yang artinya sekolah. Domain ini biasanya digunakan untuk instansi pendidikan khususnya sekolah. sekolahbim.sch.id adalah salah satu contoh website sekolah yang menggunakan domain ini.
  • .ac merupakan singkatan dari academic. Domain yang berakhiran dengan .ac biasanya digunakan untuk kampus atau universitas. Salah satu contoh universitas yang menggunakan domain ini adalah unimed.ac.id dan usu.ac.id
  • .net merupakan singkatan dari network. Domain ini pada umumnya digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari perusahaan online sampai pada project pribadi.
  • .org  merupakan singkatan dari organization. Domain ini umumnya biasa digunakan untuk organisasi non-profit  atau Non Government Organization (NGO)
  • .co  merupakan singkatan dari Corporation. Domain ini biasanya digunakan oleh suatu perusahaan. Tempo.co merupakan salah satu contoh website dengan domain ini
  • .biz. Sama seperti .co, domain ini juga pada umumnya digunakan untuk website sebuah perusahaan

Selain itu. ada pula domain khusus berdasarkan negara tertentu, yang kemudian disebut Kode Negara Tingkat Atas Domain (Country Code Top Level Domains), seperti,  co.id (untuk negara Indonesia) .co.uk (untuk Inggris Raya), .au (Australia), .de (Denmark), .fr (Prancis) dan sebagainya.

2. Creative Top Level Domain

Berikut ini jenis- jenis Creative Top Level Domain :

  • .tv merupakan singkatan dari television. Domain ini digunakan untuk stasiun televisi online dan proyek lainnya yang terkait dengan televisi
  • .me Domain ini digunakan untuk proyek-proyek yang terkait dengan personal branding
  • .expert. Biasanya digunakan untuk menyampaikan otoritas kita terhadap suatu hal yang lebih spesifik
  • .guru. Domain ini memiliki fungsi yang sama seperti .expert
  • .io. Domain ini digunakan untuk perusahaan yang berhubungan dengan teknologi
  • .name (digunakan untuk website khusus yang melayani setiap individu)

3. Restricted Top Level Domain

Berikut ini jenis- jenis Restricted Top Level Domain :

  • .post . Domain ini hanya digunakan oleh website kantor pos
  • .gov. Merupakan singkatan dari government. Domain dengan digunakan untuk sektor-sektor pemerintahan. Di Indonesia, domain ini lebih dikenal dengan .go.id. Contoh website pemerintah yang menggunakan domain ini adalah kemendikbud.go.id yang merupakan website kementerian pendidikan dan kebudayaan.
  • .mil  merupakan singkatan dari military. Domain ini hanya digunakan untuk website yang berhubungan dengan militer. contoh website yang menggunakan domain ini adalah tni.mil.id yang merupakan website Tentara Nasional Indonesia.
  • .museum. Seperti namanya, domain ini digunakan oleh museum dan industri terkait.
  • .aero . Domain ini digunakan untuk industri kedirgantaraan.

Kesimpulan

Top Level Domain membantu Anda mengidentifikasi elemen-elemen tertentu dari sebuah situs web, seperti jenis bisnis, negara asal, serta status kepemilikan. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai top level domain.

Lihat Juga : 

Share This
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *