Pendidikan

Tutorial Membuat Akun Program Guru Berbagi

Guru Berbagi

Halaman Awal Guru Berbagi

Program Guru berbagi adalah salah satu program gerakan kolaborasi antara pemerintah, guru, komunitas dan penggerak pendidikan. Konsep Guru berbagi ini diluncurkan sebagai menjawab tantangan bersama untuk menghadapi Covid – 19. Tujuannya sangat mulia yaitu sharing tentang ide dan praktik mengajar melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar setiap anak Indonesia tetap bisa belajar walaupun dalam masa pendemi seperti sekarang ini. Berikut ini adalah tutorial mendaftar program guru berbagi.

1. Akses halaman resmi Guru berbagi 

Untuk menjadi kontributor dalam guru berbagi ini, anda harus memiliki akun dengan mendaftarkan email anda. Guru berbagi tidak hanya difokuskan kepada guru. Seperti tujuan awalnya, Guru berbagi ini memiliki kolaborasi antara Guru, Komunitas dan Penggiat pendidikan. Silahkan akses halamannya di https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/ akan muncul tampilan sebagai berikut :

2. Daftar Akun Anda

Setelah anda mengakses halaman resmi Guru berbagi, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan email anda dengan mengklik DAFTAR (lihat ikon berwarna merah di kanan atas gambar) dan akan muncul formulir pendaftaran seperti pada gambar dibawah ini :

3. Mengisi Data Diri

Adapun data diri yang diminta untuk di isi dalam pendaftaran akun Guru berbagi ini adalah :

 Nama    Nama yang akan anda daftarkan
 Email (Surel)   Email ini digunakan untuk login
 Kata Sandi   Kata sandi yang ingin anda buat
 Pekerjaan    Silahkan isi Pekerjaan Anda
 Organisasi/Instansi   Organisasi atau instansi anda.


Jangan Lupa untuk mencentang opsi Saya Bukan Robot

Setelah pengisian identitas anda selesai, klik DAFTAR SEKARANG pada kanan bawah

4. Cek Kotak Masuk Email Untuk Aktivasi

Setelah anda mengisi semua data diri dan berhasil mendaftarkan akun anda, selanjutnya anda diminta untuk mengaktifasi akun dengan membuka kota masuk yang berisi pesan notifikasi dari guru pembelajaran seperti gambar di bawah ini, kemudian Klik Aktivasi Sekarang.

5. Login untuk Mulai Berbagi

Setelah anda mengklik Aktivasi Sekarang,  maka anda akan dialihkan ke halaman login seperti pada gambar di bawah ini dan silahkan masuk untuk mulai berbagi tentang ide pembelajaran anda

6. Penutup

Demikian Tutorial membuat akun di Guru Berbagi, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.  

Catatan : Untuk dapat mengetahui SOP Registrasi dan Aktivasi Akun Silahkan Lihat Tautan ini

 

Lihat Juga :
Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *