Youtube

Ukuran Thumbnail dan Header YouTube Yang Benar

Ukuran Thumbnail dan Header Youtuber

Banyak orang masih bingung berapa ukuran thumbnail dan header Youtube yang benar. Hal ini merupakan penting untuk seorang Youtuber. Seorang YouTuber tidak hanya dituntut memiliki skill yang mumpuni, tetapi juga harus memiliki konten bermutu. Berikut ini membahas bagaimana cara mengatur serta mengelola Channel Anda agar tampil menarik bagi penonton.

Salah satu Skill yang harus dimiliki seorang Youtuber adalah mampu mengetahui ukuran thumbnail Youtube dan header YouTube. Selain itu, seorang YouTuber juga harus tau cara membuatnya. Gambar untuk thumbnail Youtube, tergolong sangat penting. Hal ini dapat menarik perhatian penonton agar mau menonton video di Youtube kita. Bahkan, seorang Youtuber terkenal sekalipun selalu memperhatikannya. Karena, Thumbnail bagian dari trik untuk memancing minat calon penonton.

Apa Itu YouTube Thumbnail dan Header Youtube?

Header Sebuahtutorial.com

(Gambar Header Youtube Channel Sebuah Tutorial)

Secara sederhana, YouTube Thumbnail dapat diartikan sebagai sebuah gambar sampul Youtube yang berukuran kecil jika dibandingkan dengan resolusi asli gambar tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang layar smartphone, serta langsung muncul ketika calon penonton membuka beranda Youtube tersebut.

Gambar header adalah gambar yang ada di channel Youtube milikmu. Ukurannya lebih panjang jika dibandingkan dengan thumbnail.

Baca Juga : Aplikasi Untuk Youtuber Pemula

Thumbnail Sebuah Tutorial

Ukuran Thumbnail YouTube

Berikut ini ukuran  Thumbnail Youtube yang direkomendasi agar Support dengan perangkat seluler.

  1. Memiliki Resolusi 1280×720, dengan lebar minimum berukuran 640 piksel.
  2. Format gambar yang akan diupload harus berbentuk JPG, PNG, GIF, atau BMP.
  3. Ukuran (Size) file sampul Youtube yang di izinkan tidak lebih dari 2 MB
  4. Menggunakan rasio aspek 16:9. Rasio tersebut sering sekali digunakan di dalam pra tinjau dan pemutar Youtube.

Cara Membuat Thumbnail dan Header Youtube dengan Tools  Gratis

Saat ini terdapat banyak cara membuat gambar untuk sampul atau Thumbnail Youtube yang menarik. Salah satunya dengan memamfaatkan Tool Gratis yang disediakan di dunia maya.

Ada banyak tools yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya adalah aplikasi Canva. Dengan tools ini, Anda tidak akan kesulitan membuat sampul Youtube yang menarik.

Cara menggunakan Tools ini tergolong  pun mudah. Selain itu, aplikasi ini tersedia untuk HP Android. Fitur yang tersedia pun sudah sangat baik.

Selain Canva, masih ada beberapa tools lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat atau mengatur YouTube Thumbnail Size, misalnya seperti Adobe Spark Post, dan masih banyak lainnya.

Ukuran Header YouTube 

Berikut ini adalah ukuran header untuk Youtube dashboard :

  1. Resolusi minimum 2048×1152
  2. Untuk teks dan logo, area yang aman minimum 1546×423.
  3. Resolusi maksimum 2560×423. Ukuran ini jauh lebih aman dan akan selalu terlihat.
  4. Ukuran gambar maksimal 6 Mb.

Cara Mengubah Header YouTube

Thumbnail Youtube

Berikut ini langkah – langkah  mengubah header di Youtube desktop.

  1. Silahkan Login ke akun Youtube Anda.
  2. Pilih ‘Channel Saya’
  3. Pilih ‘header channel baru’, lalui klik tambah header
  4. Kemudian klik Edit dan silahkan Edit header channel Anda
  5. Pilih gambar yang sudah Anda ditentukan sebelumnya.
  6. Klik ‘Upload’
  7. Setelah selesai kamu akan melihat pratinjauan header di berbagai perangkat.
  8. lakukan cropping untuk menyesuaikan headernya
  9. Silahkan klik ‘Pilih’.
  10. Selelasi. YouTube Channel anda telah memiliki Header

Baca Juga : Cara Merakit Komputer PC yang Benar

 

Tips  dan Trik Dalam Membuat Thumbnail dan Header YouTube yang Menarik

Untuk membuat sampul Youtube yang menarik, sedikitnya kamu harus tahu cara desain grafis. Sederhananya, tahu cara membuat gambar sampul yang berestetika dan menarik.

Bagi yang belum paham, jangan khawatir, berikut kami paparkan sedikit tipsnya di bawah ini:

Sebaiknya Gunakan Foto yang sesuai Identitas Channel

Sebagian Youtuber  menggunakan fotonya sendiri. Namun, ada juga yang hanya menampilkan logo Channel nya. Hal itu sah-sah saja. Namun, kami tetap merekomendasikan ini, agar kamu mudah dikenal oleh penonton.

Kecerahan Gambar Juga Menentukan

Gambar yang akan digunakan sebagai sampul sudah seharusnya memiliki kualitas gambar yang baik. Pastikan tingkat kecerahannya juga sudah optimal. Sampul yang sangat cerah akan terlihat mencolok bagi calon penonton. Harap diperhtaikan agar gambar tidak terlalu gelap juga tidak terlalu cerah.

Letakkan Judul Video Pada Sampul

Tips berikutnya yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak lupa menambahkan tulisan pada thumbnail yang dibuat. Anda dapat memajang judul video di dalam sampul tersebut. Hal ini memiliki Pengaruh yang cukup besar. Salah satunya adalah mampu memberikan pesan konteks kepada penonton Anda.

Dengan melihat sampul, penonton dapat mendapatkan gambaran mengenai isi video tersebut. Sebagian Youtuber juga menggunakan nomor pada sampul video Youtube nya. Hal ini untuk video yang memiliki cerita bersambung. Ini juga memudahkan penonton dalam menemukan setiap episode dari video tersebut.

Gunakan Font yang Sama

Tips selanjutnya adalah pastikan kamu menggunakan font yang sama dalam membuat sampul YouTube. Ini untuk memberikan ciri khas dan kesan desain yang kuat pada Channel milikmu.

 

Demikian penjelasan mengenai ukuran Thumbnail  dan Header YouTube yang dapat diterapkan pada Channel Anda. Semoga dapat bermanfaat. (Sumber)

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *